PKK Harus Jadi Benteng Utama Kondisi Aman dan Damai

Nasional

Jumat, 14 Juni 2019 | 20:34 WIB

190614203505-pkk-h.jpg

Tok Suwarto

ORGANISASI PKK yang kegiatannya memberdayaan wanita untuk berpartisipasi dalam pembangunan, harus bisa menjadi motor penggerak bagi keluarga. Sehingga dalam kondisi dan situasi yang berkembang cepat sekarang ini, keluarga bisa menjadi benteng utama untuk menciptakan kondisi aman, nyaman, tenteram, dan damai.

"Ketahanan keluarga yang kita harapkan adalah, setiap keluarga harus memiliki kemampuan dan kemauan secara kolektif dalam memilih mana yang baik dan mana yang tidak baik. Sebab, saat ini berbagai informasi dapat dengan mudah masuk dalam keluarga, di antaranya lewat kecanggihan teknologi seperti handphone," ujar Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, di depan para pengurus Tim Penggerak PKK Kota Solo, dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47, di Bale Tawangarum Balai Kota Solo, Jumat (14/6/2019).

Achmad mengingatkan, informasi yang tidak benar jika masuk ke keluarga akan dapat menimbulkan konflik komunal dan bahkan konflik sosial. Hal itu akan berdampak dengan hilangnya rasa aman, nyaman, tenteram dan damai di lingkungan masyarakat.

Dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang berlangsung sederhana ditandai dengan pemotongan tumpeng tersebut, Wakil Wali Kota Solo, menyatakan, Pemkot Solo mengapresiasi peran serta kader-kader PKK dalam memberdayakan masyarakat menuju keluarga yang mandiri dan sejahtera. Sebagai mitra pembangunan, katanya, peran dan aktualisasi para kader PKK mulai dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan, RW, RT hingga Dawis(dasa wisma) patut diacungi jempo

"PKK Kota Solo telah membranding dirinya sebagai pelopor di berbagai kegiatan dalam masyarakat serta aktif dalam program pembangunan. Sebagai pelopor, PKK telah mewujudkan peranannya dalam berbagai fungsi sosial, terutama dalam mensosialisasikan gerakan hidup sehat dan sejahtera kepada seluruh lapisan masyarakat," tandasnya.

Dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47, Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, menyerahkan penghargaan kepada para mantan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Solo, di antaranya janda Wali Kota Solo, Ny. Sukatmo Prawiro Hadisebroto.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR