Dukung Penyebrangan di Danau Toba, Kemenhub Siapkan KMP

Nasional

Jumat, 7 Juni 2019 | 06:49 WIB

190607053841-dukun.jpg

maritim.go.id

Danautoba.

KEMENTERIAN Perhubungan menurunkan tim khusus untuk mengawasi dengan ketat keselamatan pelayaran di Danau Toba. Sebab, libur panjang seperti saat ini dimanfaatkan wisatawan untuk berekreasi di kawasan Danau Toba

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, beberapa hal terkait aspek keselamatan pelayaran yang menjadi perhatian, diantaranya memastikan manifest penumpang sesuai.  

"Jumlah manifest tidak melebihi kapasitas yang ditentukan, mengecek kelengkapan surat atau buku pelaut Nakhoda dan awak kapal, memastikan adanya alat-alat keselamatan seperti pelampung," terangnya dalam keterangan resmi, Kamis (6/6/2019).

Untuk mendukung pelayanan transportasi penyeberangan yang berkeselamatan di Danau Toba, Kemenhub menyiapkan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) sebanyak lima unit. Kelima KMP itu, adalah KMP Tao Toba I dengan melayani rute Ajibata-Tomok, KMP Tao Toba II ‎rute Ajibata-Tomok, KMP Ihan Batak rute Ajibata-Ambarita, KMP Sumut I rute Tigaras-Simanindo, dan KMP Sumut II dengan Rute Tigaras-Simando.

Pasca terjadinya kecelakaan di Danau Toba sekitar setahun yang lalu, Kemenhub telah melakukan upaya-upaya peningkatan aspek keselamatan pada transportasi penyeberangan di Danau Toba.

"Beberapa strategi telah dilakukan, seperti menerapkan bulan tertib keselamatan, mengadakan sosialisasi keselamatan kepada para pemilik kapal, nakhoda, awak kapal, petugas dan masyarakat," imbuhnya.

Pada musim libur seperti lebaran dan hari-hari besar lainnya, transportasi penyeberangan di Danau Toba selalu dipadati para pemudik maupun wisatawan lokal.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR