Tim Keamanan Pangan Dapati Makanan Minuman Tak Layak Konsumsi di Toko dan Distributor

Nasional

Rabu, 15 Mei 2019 | 19:29 WIB

190515193136-tim-k.jpg

Tok Suwarto

Tim keamanan pangan yang dikoordinir DKK Solo melancarkan Sidak keamanan pangan di sejumlah toko dan distributor.

DI pekan pertama bulan Ramadan 2019 ini, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Pemkot Solo melancarkan inspeksi mendadak (Sidak) keamanan pangan ke sejumlah toko dan distributor makanan di wilayah Kecamatan Serengan, Kota Solo. Tim inspeksi yang dipimpin Kepala Bidang Data dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Efi S Pertiwi, melakukan pengecekan langsung kelayakan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi menjelang lebaran 2019.

Dalam inspeksi selama sehari, Rabu (15/5/2019), tim di antaranya mendapatkan belasan botol sirup kedaluwarsa di salah satu distributor makanan dan minuman. Tim gabungan dari unsur kesehatan, perdagangan dan Polri minta agar sirup tersebut dimusnakan, karena dikhawatirkan membahayakan jika dikonsumsi dan tetap diperjualbelikan.

"Sirup yang dipajang ada 10 sirup dalam keadaan sudah kedaluwarsa pada tanggal 14 Mei 2019. Bahkan ada tiga botol sirup yang kedaluwarsa sejak 2018. Semua harus dimusnakan, karena jika dikonsumsi orang yang sensitif, bisa menimbulkan masalah," kata Efi S Pertiwi, di sela pemeriksaan dagangan di sebuah toko makanan dan minuman.

Berdasarkan temuan-temuan tersebut, menurut Efi, pemilik usaha diberikan teguran termasuk tatacara penyimpanan makanan dan minuman, di antaranya sirup yang tidak layak konsumsi tersebut.

Para petugas dari DKK, Satpol PP, Dinas Perdagangan, serta kepolisian yang tergabung dalam tim, di toko berbeda  juga mendapati biskuit, wafer coklat serta snack lain yang tidak layak konsumsi. Makanan ringan tersebut kedapatan kemasan bagian luarnya rusak dan ada yang tanggal kadaluwarsa telah terlampaui.

"Barang-barang ini konsinyasi, kami minta untuk dikembalikan kepada produsennya. Kemasan yang rusak sebenarnya tidak layak konsumsi. Penyimpanan makanan yang bercampur dengan makanan lain tujuannya agar bisa dijual murah," jelasnya.

Dalam Sidak secara intensif tersebut, tim juga memantau peredaran makanan dan minuman termasuk di mal, khususnya menjelang lebaran. Kabid Data dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo itu menghimbau masyarakat, agar menjadi pembeli yang cerdas, dengan mencermati label produk, masa kedaluwarsa, serta bentuk kemasan produk.



Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR