PT KAI Daop 6 Gelar Pengobatan bagi 400 Warga Ceper di Rail Clinic

Nasional

Kamis, 25 April 2019 | 15:35 WIB

190425153602-pt-ka.jpg

Tok Suwarto

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta, Kamis (25/4/2019), menggelar pelayanan kesehatan menggunakan rangkaian KA khusus yang disebut Rail Clinic, di Stasiun Ceper, Kab.  Klaten, Jawa Tengah. Sebanyak 400 orang warga masyarakat di sekitar Stasiun Ceper, mendapat pengobatan dalam layanan kesehatan gratis dan sebanyak 50 siswa sekolah dasar (SD) yang mengalami masalah penglihatan masing-masing mendapat sepasang kacamata.

Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto, menjelaskan kepada wartawan, dalam kegiatan sosial tersebut, PT KAI Daop 6 bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Klaten. Selain 400 orang yang mendapat layanan pengobatan dan 50 siswa asal SDN 1 Ceper dan SDN 1 Jambu Kulon, yang mendapat bantuan pembagian kacamata, warga masyarakat lain juga dapat memanfaatkan perpustakaan yang merupakan bagian dari rangkaian KA Rail Clinic.
 
"PT KAI melibatkan tim kesehatan internal yang merupakan pegawai PT KAI untuk melayani masyarakat. Pelayanan kesehatan gratis dengan Rail Clinic merupakan program rutin PT KAI, sebagai bentuk kepedulian PT KAI kepada masyarakat di sekitar jalur KA," katanya.  

Dia berharap, layanan PT KAI menggunakan Rail Clinic ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan minat baca masyarakat sekitar stasiun. Tujuan lainnya adalah menjadikan masyarakat semakin lebih peduli terhadap keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api.

“Harapan kami, pengobatan gratis dengan Rail Clinic di Stasiun Ceper dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.  Selain itu, kami mengharapkan pertisipasi masyarakat sekitar stasiun untuk menjaga aset-aset PT KAI, serta menjaga keselamatan perjalanan KA,” jelasnya.
 
Pelayanan kesehatan di Stasiun Ceper tersebut, menggunakan Rail Clinic generasi ke-4 yang terdiri dari dua gerbong layanan kesehatan dan dua gerbong perpustakaan atau Rail Library. Layanan kesehatan gratis di Rail Clinic termasuk pemberian obat, merupakan pelayanan kesehatan tingkat pertama, meliputi pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, mata, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian.

Di Rail Library, masyarakat dapat memanfaatkan perpustakaan manual dengan beragam buku bacaan anak sampai dewasa, serta fasilitas e-library yang dilengkapi enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, serta lagu anak-anak.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR