Senat UNS Tetapkan 4 Nama Calon Wakil Rektor Periode 2019-2023

Nasional

Rabu, 24 April 2019 | 19:32 WIB

190424193501-senat.jpg

Tok Suwarto

Proses pemilihan Wakil Rektor UNS periode 2019-2023 aa yang diikuti 124 anggota Senat UNS melalui pemungutan suara

SENAT Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menetapkan empat nama calon Wakil Rektor (WR) periode 2019-2023, yaitu Prof. Dr. Ahmad Yunus yang terpilih sebagai WR I bidang akademik, Dr. Bandi sebagai WR II bidang umum dan keuangan, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo sebagai WR III bidang kemahasiswaan dan alumni, serta Prof. Dr. Sajidan sebagai WR IV bidang perencanaan dan kerjasama. Mereka akan mendampingi Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, yang dilantik Menristek Dikti 15 April 2019 lalu.

Dalam pemilihan wakil rektor yang diikuti 124 orang dari 133 anggota Senat UNS dan berlangsung tertutup pada, Rabu (24/4/2019), sebanyak 12 bakal calon diajukan untuk menempati empat posisi WR. Kandidat lain yang tersisih dalam pemilihan, adalah Prof. Dr. Agus Kristiyanto dari Fakultas Kesehatan dan Olahraga (FKOR) yang memperoleh 8 suara dan Prof. Dr. Slamet Subiyantoro dari FKIP yang memperoleh 5 suara dikalahkan Prof. Achmad Yunus yang mendapat dukungan 111 suara.

Calon WR bidang umum dan keuangan, Dr Bandi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang memperoleh 78 suara, menyisihkan Dr. Muhtar dari FKIP yang memperoleh 46 suara dan Prof. Dr. Hasan Fauzi dari FEB yang mengundurkan diri. Sementara calon WR bidang kemahasiswaan dan alumni, Prof. Kuncoro Diharjo dari Fakultas Teknik (FT) dengan 91 suara, mengungguli Prof. Dr. Mangatur Nababan dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) yang memperoleh 2 suara dan Dr. Sapta Kunta Purnama dari FKOR yang memperoleh 31 suara. Sedangkan dua nama calon WR bidang perencanaan dan kerjasama, Prof. Dr. Sajidan dari FKIP memperoleh 94 suara, mengalahkan Prof. Dr. Venty Suryani dari FMIPA yang memperoleh 23 suara dan Prof Wakit dari FIB yang memperoleh 7 suara.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, mengungkapkan, dalam proses pemilihan WR dia mengajukan ke-12 nama tersebut kepada Senat UNS dengan berbagai pertimbangan. Dalam pelaksanaan pemilihan calon WR UNS periode 2019-2023 di sidang senat tertutup melalui pemungutan suara, akhirnya ditetapkan nama-nama calon dengan perolehan suara terbanyak.

"Perolehan suara di Sidang Senat UNS tersebut menjadi pertimbangan saya untuk memilih WR. Faktor lain yang menjadi pertimbangan saya memilih WR adalah berdasarkan curiculum vitae, program kerja, tes kesehatan dan kemampuan manajerial," ujarnya.

Para Wakil Rektor UNS tersebut, dijadwalkan dilantik Rektor UNS pada Jumat (26/4/2019), bersamaan dengan pelantikan staf ahli rektor.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR