Hakim Lulusan UNS Bentuk Organisasi Paguyuban Hakim Alumni FH-UNS

Nasional

Sabtu, 20 April 2019 | 20:35 WIB

190420203748-hakim.jpg

Tok Suwarto

PARA hakim lulusan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (FH-UNS) Solo yang bertemu di UNS Inn, Sabtu (20/4/2019), sepakat membentuk organisasi untuk wadah silaturahmi dan komunikasi berupa Paguyuban Hakim Alumni FH-UNS.

Dalam kepengurusan periode perdana paguyuban tersebut, terpilih sebagai ketua adalah Dwi Tomo, mantan Ketua Pengadilan Negeri Surakarta yang kini menjabat sebagai hakim tinggi di Pengadilan Tinggi Makassar.

Ketua Panitia Pertemuan Alumni FH-UNS, Djuyamto, menyatakan, gagasan mendirikan paguyuban  sebenarnya sudah muncul sejak lama. “Sejak 2010 para alumni sudah sepakat membentuk organisasi wadah silaturahmi dan komunikasi. Selama ini para alumni berkomunikasi dengan membuat grup di media sosial,” katanya.

Selama hampir sembilan tahun gagasan itu belun bisa terwujud, karena sebagai hakim mereka sangat sibuk sehingga mereka sulit untuk mencari waktu untuk bertemu merealisasikam rencana tersebut. Menurut dia, para alumni FH-UNS yang menjabat sebagai hakim kini tugasnya tersebar di seluruh Indonesia.

"Rencana tersebut baru dapat terwujud pada April ini, karena ebetulan ada long weekend. Meskipun tidak semua hakim alumni FH UNS bisa hadir, dalam pertemuan ini sebagian besar  alumni bisa terwakili,” jelasnya.

Djuyamto, mengungkapkan, pengurus Paguyuban Hakim Alumni FH-UNS akan segera menyusun program kerja kepengurusan periode 2019-2022. Pengurus akan bersinergi dengan pihak kampus serta organisasi alumni lain, seperti Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum (IKA FH) UNS, sehingga paguyuban bisa memberi manfaat kepada almamater.

Dia menambahkan, di antara alumni FH-UNS banyak yang berprofesi sebagai hakim dan mengukir prestasi baik di bidang hukum. Salah seorang dari mereka adalah Pandji Widagdo yang kini menjabat sebagai hakim agung di Mahkamah Agung.

Pertemuan hakim alumni FH-UNS untuk pembentukan Paguyuban Hakim Alumni FH-UNS tersebut dihadiri Rektor UNS yang juga guru besar FH-UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho dan Ketua IKA FH UNS, Zudan Arief Fakhrullah.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR