Kader Posyandu di Kota Solo dapat Hibah Sepeda Kayuh

Nasional

Selasa, 16 April 2019 | 19:48 WIB

190416194849-kader.jpg

Tok Suwarto

PARA kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kota Solo mendapat hibah sarana kerja untuk mendukung mobilitas pengurusnya berupa sepeda kayuh. Pada tahap pertama, Pemkot Solo menyalurkan sebanyak 200 unit sepeda kepada kader Posyandu di tiga kecamatan, yaitu Kec. Pasar Kliwon, Kec. Serengan dan Kec. Banjarsari.
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Pemkot Solo, Widdi Srihanto, mengungkapkan, jumlah kader Posyandu yang duduk sebagai pengurus se Kota Solo tercatat sebanyak 606 orang. Mereka akan diberi fasilitas sarana kerja tersebut secara bertahap, sampai semua pengurus mendapatkan sebuah sepeda.

"Bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan Posyandu dan menunjang aktivitas para kader. Belum semua Posyandu mendapatkan  sepeda, karena pemberiannya secara bertahap dan saat ini baru bisa menyediakan 200 buah," katanya kepada wartawan, Selasa (16/4/2019).

Pengadaan 200 sepeda yang disalurkan ke tiga kecamatan tersebut, menurut Widdhi, berdasarkan prioritas terkait dengan luas wilayah jangkauan para kader. Bantuan hibah berikutnya akan diusulkan ke DPRD dalam APBD Perubahan 2019, namun dia belum memastikan jumlah sepeda yang dapat disalurkan.
 
Pembagian 200 sepeda tersebut, sebanyak 100 buah untuk kelompok Posyandu di Kecamatan Pasar Kliwon, 63 buah untuk kelompok di Kecamatan Serengan, 28 buah di kelompok  Kelurahan Nusukan, dan sembilan di kelompok Posyandu Kelurahan Kadipiro.

Selama ini, menurut Kepala Kepala DP3APM iru, Pemkot Solo sudah memberi bantuan dana untuk operasional para pengurus Posyandu senilai Rp 3,5 juta per tahun yang diambil dari APBD.

"Kami memberi dukungan sarana kerja kepada kader-kader Posyandu, karena mereka bergerak di garis depan untuk pengembangan kesehatan warga. Mereka membantu ibu hamil, aktif dalam pencegahan penyakit, membantu tumbuh kembang bayi dan anak-anak," jelasnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR