Pemkab OKU Dukung Operasional Bandara Lanud Gatot Soebroto

Nasional

Jumat, 12 April 2019 | 19:48 WIB

190412195311-pemka.jpg

lampungpro.com

PEMERINTAH Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mendukung Bandara Gatot Soebroto di Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung dioperasionalkan sebagai bandara komersial, karena menguntungkan warga OKU.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab OKU, Ahmad Tarmizi di Baturaja, Jumat mengatakan bahwa banyak manfaat yang akan didapat dengan mulai dioperasikannya bandara tersebut sebagai bandara komersial sejak diresmikan Menteri Perhubungan pada Sabtu (6/4) antara lain memperpendek jarak tempuh bagi masyarakat OKU yang akan berpergian menggunakan transportasi udara.

Baca Juga: Kolonel Pnb Antonius Adi Nur Jabat Kadisops Lanud Suryadarma

Selain itu, dalam jangka panjang juga akan meningkatkan ekonomi dan investasi di daerah sekitarnya termasuk OKU, dan mempermudah dalam mempromosikan objek wisata yang ada di sejumlah kabupaten sekitarnya.

"Intinya multiefek yang akan didapat OKU dengan diresmikannya Bandara Gatot Soebroto di Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung," katanya.

Menurut dia, secara filosofis selama ini Kabupaten OKU punya andil untuk menjadikan Bandara Gatot Soebroto di Kabupaten Way Kanan sebagai bandara sipil atau bandara komersial.

Baca Juga: Dua Penerbang Skadron Udara 1 Wing Udara 7 Lanud Supadio Sukses Terbang Solo

"Salah satu bukti dukungannya yaitu dengan hadirnya Bupati OKU Kuryana Azis pada saat pertemuan terkait rencana dijadikannya Bandara Gatot Soebroto di Kabupaten Way Kanan sebagai bandara sipil," jelasnya.

Dengan diresmikannya Bandara Gatot Soebroto di Kabupaten Way Kanan, kata dia, tidak menutup kemungkinan ke depannya setiap Pejabat OKU dapat memanfaatkan bandara tersebut dalam berpergian dinas ke luar kota.

Baca Juga: Jelang HUT ke-73, Anggota Lanud Suryadarma Sumbang 179 Labu Darah

"Jarak Baturaja ke bandara ini bisa ditempuh dengan waktu 45 menit sampai 1 jam paling lambat. Sementara ke Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang butuh waktu 5 jam. Artinya waktunya lebih efisien," kata dia.

Terkait jadwal penerbangannya, lanjut dia, penerbangan komersial di Bandara Gatot Soebroto untuk sementara terjadwal dua kali dalam sepekan yaitu setiap Selasa dan Kamis.

"Maskapai Penerbangan yang sudah masuk dalam daftar, yakni Citilink dan Lion Air dengan rute penerbangan Tujuan Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta-Bandara Gatot Soebroto Waykanan dan Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang," ujarnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR