UTBK di UNS Dijamin Bebas Praktik Perjokian

Nasional

Jumat, 12 April 2019 | 18:49 WIB

190412185017-utbk-.jpg

Tok Suwarto

Ketua UTBK Pusat UNS, Prof. Sutarno, PhD

PANITIA Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, menjamin, pelaksanaan UTBK dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 yang digelar dari 13 April sampai 26 Mei 2019 akan bebas dari praktik perjokian. Jaminan itu didasarkan pada sistem UTBK yang dianggap sudah baik, seperti penggunaan soal ujian yang berbeda di antara setiap peserta, penempatan lokasi dan tempat duduk peserta yang diacak dan sebagainya, akan sulit untuk praktik perjokian.

Ketua UTBK Pusat UNS, Prof. Sutarno, PhD, menjelaskan kepada wartawan, Jumat (12/4/2019), pihaknya telah berupaya mencegah kebocoran aoal saat pelaksanaan UTBK, antara lain dengan memberikan pelatihan kepada para pengawas ujian.

"Teknis pelaksanaannya sebenarnya hampir sama dengan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), di SMA dan SMK. Kami mengantisipasi kebocoran soal, jangan sampai terjadi seperti saat UNBK. Dalam pelatihan, kami minta pengawas mencermati kalau ada peserta tes yang memotret soal, misalnya,” katanya.

Meskipun para pengawas diminta mewaspadai kecurangan dalam UTBK, menurut Prof. Sutarno, pengawasan terhadap para peserta ujian tidak akan dilakukan secara ketat, misalnya dengan menggunakan alat deteksi. Namun panitia akan mengoptimalkan fungsi dan peran pengawas secara maksimal agar tidak terjadi kecurangan dalam bentuk apapun pasti.

“Pengawasan dilakukan seperti biasa. Tetapi peserta dilarang membawa alat komunikasi, hp dan barang-barang lain ke ruang ujian. Kalau pengawas mendapati kecurangan harus segera melapor ke panitia pusat,” jelasnya.

Peserta UTBK Pusat UNS yang terdaftar dalam SBMPTN 2019 seluruhnya berjumlah 39.479 orang. Pada gelombang pertama yang akan digelar Sabtu dan Minggu (13-14/4/2019), jumlah peserta sebanyak 18.425 orang. Sisanya akan mengikuti UTBK gelombang kedua yang digelar sampai 26 Mei 2019.

Prof. Sutarno yang sehari-hari Wakil Rektor I UNS, menambahkan, pelaksanaan UTBK UNS menggunakan 69 laboraturium, baik di kampus UNS maupun di sekolah mitra. UTBK dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu, setiap hari dibagi dalam dua sesi pagi dan siang.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR