Ridwan Kamil "Titipkan" Warga Jabar ke Gubernur Sumatra Barat

Nasional

Kamis, 21 Februari 2019 | 13:46 WIB

190221135113-ridwa.jpg

@humasjabar

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil

GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil "menitipkan" warganya ke Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno seusai melaksanakan salat subuh berjamaah di Masjid Raya Sumatera Barat, Kota Padang, Kamis, dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Tanah Minang.

"Mudah-mudahan silaturahmi ke Tanah Minang ini menyatukan dua budaya berbeda. Banyak masyarakat Sunda di Tanah Minang dan saya harapkan mereka bisa seperti filosofi air, yakni bisa mengikuti budaya dan adat yang ada di sini. Pak Gubernur, saya titipkan warga Jabar yang ada di sini," kata Ridwan Kamil saat menyampaikan kultum di Masjid Raya Sumatera Barat.

Baca Juga: Ridwan Kamil Targetkan Masjid Raya Jabar Rampung Dalam Dua Tahun

Ridwan Kamil, yang biasa disapa Emil, menuturkan bahwa biro arsitek Urbane yang dulu dia dirikan juga berperan dalam mendesain bangunan Masjid Raya Sumatera Barat.

Satu dari tiga tim Urbane, menurut dia, berhasil memenangi sayembara desain Masjid Raya Sumatera Barat.

"Masjid ini desainnya disayembarakan, dan kantor saya Urbane membuat tiga tim dan yang menang adalah tim B. Jadi yang menang sayembara desain Masjid Raya Sumbar ini tim arsitek kami," kata dia.

Baca Juga: Ridwan kamil Buka Bogor Street Festival (BSF) 2019

Perancang Masjid Raya Sumatera Barat, menurut dia, arsitek bernama Rizal Muslimin yang saat ini menjadi dosen di Sydney, Australia.

"Jadi konsepnya masjid ini adalah kain yang terbentang, pada cerita terjadi perselisihan bagaimana memindahkan hajar aswad oleh empat suku di sana (Makkah). Dan oleh Nabi Muhammad (SAW) diambil kain, nah bentangan kain yang ada batu di tengah ini melengkung. Sehingga melengkung-nya ini yang jadi atap masjid," katanya.

"Kelihatannya arsitektur Masjid Raya Sumbar ini adalah yang paling indah se- Indonesia," katanya.

Dia berharap pada keindahan arsitektur bagian luar dan dalam Masjid Raya Sumatera Barat tersisip doa warga Jawa Barat yang sedang mengadu nasib di Tanah Minang.

Baca Juga: Ini Desain Rencana Penataan Situ Ciburuy Postingan Ridwan Kamil

Seusai menyampaikan kultum, Gubernur Jawa Barat ditemani Gubernur Sumatera Barat berkeliling melihat keindahan bagian dalam dan luar Masjid Raya Sumatera Barat.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR