Dubes Rusia Yakin Hubungan Ekonomi dengan Indonesia Terus Meningkat

Nasional

Rabu, 6 Februari 2019 | 22:11 WIB

190206221411-dubes.jpg

liputan6.com

DUTA Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva

DUTA Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva menyatakan optimisme terhadap perkembangan hubungan ekonomi antara Indonesia dan Rusia yang dia yakini akan terus meningkat.

"Saya yakin hubungan kedua negara akan terus meningkat, tidak hanya hubungan diplomatik, namun juga perekonomian. Saya berharap hubungan perdagangan kedua negara juga akan semakin baik," kata Dubes Lyudmila Vorobieva di Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Baca Juga: Dubes Rusia Puji Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Pernyataan tersebut disampaikan Dubes Rusia Vorobieva saat menghadiri Konferensi Pers Pelepasan Ekspor Mayora ke Rusia yang juga dihadiri oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita dan Direktur Jenderal Amerika Eropa Kementerian Luar Negeri Muhammad Anshor.

Menurut Dubes Vorobieva hubungan kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Rusia semakin berkembang dengan baik. Pada tahun 2018 nilai ekspor "consumer goods" dari Indonesia ke Rusia lebih besar dibandingkan sebaliknya, dari Rusia ke Indonesia.

Dubes Rusia itu pun memuji pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,17 persen pada 2018 di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini.

"Mengenai pertumbuhan ekonomi Indonesia, kami sebagai mitra dagang sangat gembira melihat kenaikan yang berkelanjutan. Kalau di Rusia, pertumbuhan ekonominya sedikit lebih rendah dari Indonesia," ungkapnya.

Vorobieva menilai pencapaian pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik itu dapat berkelanjutan dan menjadi dasar untuk meningkatkan hubungan ekonomi, khususnya dengan Rusia.

Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,17 persen sepanjang 2018 atau lebih tinggi dibandingkan 2017 yang sebesar 5,07 persen.

Pada 2016, pertumbuhan ekonomi mencapai sebesar 5,03 persen dan sebesar 4,88 persen pada 2015.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR