181206204111-puluh.jpg

Twitter

Puluhan Rumah Rusak Akibat Angin Puting Beliung Ngamuk di Bogor

Nasional

Kamis, 6 Desember 2018 | 20:37 WIB

Wartawan: H. Dicky Aditya

ANGIN puting beliung yang melanda Kota Bogor, Kamis (6/12/2018), telah merusak puluhan rumah. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sekitar 50 rumah rusak dalam kejadian itu.

"Data sementara 50 unit rumah mengalami kerusakan. Diperkirakan jumlah rumah rusak akan bertambah karena banyak rumah yang terdampak puting beliung di empat kelurahan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo dalam keterangan tertulisnya seperi dilansir CNNIndonesia.com.


Sutopo menambahkan, selain merusak rumah, puting beliung juga mengakibatkan enam unit kendaraan ringsek, dan pohon tumbang di lima titik di kawasan Bogor Selatan.

Kata Sutopo, puting beliung terjadi sekitar pukul 15.00 WIB dan melanda empat kecamatan di Kota Bogor.

"Wilayah Kelurahan Cipaku, Kelurahan Batutulis, Kelurahan Pamoyanan dan Kelurahan Lawanggintung Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor," katanya.

Puting beliung itu, kata Sutopo, juga menyebabkan satu orang meninggal dunia atas nama Eni Retno (46).

Saat ini tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bogor dibantu TNI/Polri dan Tagana masih melakukan evakuasi korban dan mobil.

Kata Sutopo, tim gabungan juga melakukan pemotongan dan pembersihan pohon yang tumbang.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor, Hadi Saputra sebelumnya menyatakan, kecepatan angin yang melanda Bogor Selatan sekitar 30 knot atau 50 Kiilometer per jam.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan ekstrim yang masih berpotensi terjadi, dengan melihat tanda-tanda seperti diawali dengan petir.

"Masyarakat diimbau kalau sudah terdengar petir jangan berada di lapangan, bawah pohon, atau papan reklame," kataHadi.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR