181109211319-anna-.jpg

dokumen galamedianews.com

Anna Sophanah Mundur dari Jabatan Bupati Indramayu, Mendagri Bakal Bicara 4 Mata

Nasional

Jumat, 9 November 2018 | 21:11 WIB

Wartawan: H. Dicky Aditya

BUPATI Indramayu, Anna Sophanah, menyampaikan surat pengunduran diri ke DPRD Kabupaten Indramayu pada akhir Oktober 2018.

Menanggapi hal itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku telah menerima laporan perihal mundurnya Bupati Indramayu Anna Sophana. Tjahjo berencana akan menemui Anna untuk mendengarkan langsung alasan kemunduran Anna pada pekan depan.

"Laporan tim sudah ada, kami ingin mendengar langsung dulu. Saya dengan Pak Sekjen, dengan Dirjen Otda dengan Bu Irjen mau ketemu (Anna) mungkin minggu depan. Apa reasoning-nya, tertulisnya seperti apa, keputusan DPRD-nya seperti apa," ungkap Tjahjo di gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (9/11/2018).

Lebih lanjut, Tjahjo mengatakan tim Kemendagri sudah bertemu langsung dengan Anna untuk menanyai alasan kemunduran Anna.

Kendati demikian, ia mengakui tetap akan bertemu dengan Anna. Dia juga menyebut alasan mundurnya Anna dikarenakan masalah keluarga.

"Kami mengirim tim, ketemu langsung dengan bupati. Dia menceritakan intinya ini masalah pribadi, masalah keluarga," sambungnya.

Menurutnya, karena alasan itu, ia mengaku tidak bisa menghindari atau memaksa Anna untuk tetap menjabat sebagai Bupati Indramayu.

"Ya memang itu sudah tekat dia untuk mundur, kalau dipaksakan (menjabat) enggak ya. Memang boleh-boleh saja, itu hak ya," sebutnya.

Sekadar informasi, Anna menjadi Bupati Indramayu sejak tahun 2010 dan terpilih kembali di tahun 2015. Anna terpilih sebagai Bupati periode 2016-2021. Pada Selasa (30/10), Anna mengirimkan dua surat untuk DPRD Indramayu dan juga Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Dalam suratnya, Anna menjelaskan alasannya mundur karena ingin fokus berbakti kepada keluarga. Pengunduran diri Anna juga sudah disetujui DPRD Indramayu.

"Ibu Bupati itu berpikiran nanti bisa berdampak buruk terhadap pelayanan dan birokrasi di Indramayu. Akhirnya Ibu Bupati memutuskan untuk mengundurkan diri," ucap Ketua DPRD Indramayu Taufik Hidayat usai rapat paripurna di DPRD Indramayu, Jawa Barat, Rabu (7/11).

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR