180808225825-tki-a.jpg

merdeka.com

Bekerja Sebagai Asisten Rumah Tangga di Arab Saudi

TKI Asal Karawang Hilang Kontak dengan Pihak Keluarga

Nasional

Rabu, 8 Agustus 2018 | 22:58 WIB

Wartawan: Dadang Setiawan

SEORANG Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Karawang, Maryati (33) sudah hilang kontak selama setahun dengan pihak keluarga. Warga Dusun Bendasari II, RT 12 RW 05, Desa Kondangjaya, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang tersebut bekerja di Riyad, Arab Saudi.

Perempuan kelahiran tahun 1985 dan bekerja sebagai asisten rumah tangga di Riyyad, Arab Saudi berangkat dengan memakai sponsor bernama Carwi dari PJTKI PT Bajri Mandiri, Karawang Timur.

Suami Maryati, Dedi Suparman (36), mengatakan, istrinya berangkat menjadi TKI di tahun 2008. Saat itu Maryati meninggalkan anak semata wayang mereka saat masih berusia 3 tahun, dan sekarang menginjak umur 13 tahun.

Dilansirkan merdeka.com, Maryati sempat berkirim kabar kepada keluarga, tetapi setelah itu hilang kontak. Nomor yang sebelumnya bisa dihubungi sudah tidak aktif lagi. Sejak itu tidak ada lagi komunikasi antara dia dan keluarga.

Alasan lain yang didapat karena Maryati dilarang pulang, dan berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia. "Awalnya komunikasi berjalan dengan lancar via telepon, tetapi sudah satu tahun ini tidak ada komunikasi lagi, saya tidak tahu apa yang terjadi di sana," kata Dedi, Rabu (8/8/2018).

Biasanya istrinya mengirim uang setiap lima bulan, tetapi sudah setahun ini tidak ada kiriman. "Harapan saya agar istri bisa dipulangkan lagi ke Indonesia dengan selamat dan sehat. Kasihan anak sudah besar, dia rindu kepada ibunya," katanya sambil meneteskan air mata.

Keluarga berharap pemerintah untuk bisa menelusuri keberadaan dan pihak PJTKI yang memberangkatkan untuk Bertanggung jawab.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR