180712173053-airla.jpg

dokumen galamedianews.com

Airlangga Bantah Cak Imin, Golkar Tetap Usung Jokowi di Pilpres 2019

Nasional

Kamis, 12 Juli 2018 | 17:30 WIB

Wartawan: H. Dicky Aditya

KETUA Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyebut ada pembicaraan dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto soal mempertimbangkan mengusung capres selain Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019. Airlangga membantahnya.

"Nggak ada itu," kata Airlangga di kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Kemanggisan, Jakarta Barat, Kamis (12/7/2018).

Airlangga kemudian menjelaskan soal tiket VIP pilpres yang sebelumnya dipamerkan keduanya. Airlangga mengatakan tiket tersebut merupakan gabungan kekuatan PKB dan Golkar dalam rangka penguatan koalisi Jokowi.

"Yang namanya tiket kita itu dalam rangka perkuatan terhadap Pak Presiden, baik jilid pertama maupun jilid kedua," ujarnya.

Airlangga juga menegaskan partainya tetap akan mengusung dan mendukung Jokowi pada Pilpres 2019 seperti yang sudah dideklarasikan pada Rapimnas dan Munas. Meski nantinya ia tak dipinang sebagai cawapres, Golkar dipastikan tetap pada komitmennya.

"Dan di dalam statement tersebut, Partai Golkar tidak memberikan persyaratan untuk itu. Oleh karena itu, sesuai dengan apa yang disampaikan dan dibicarakan oleh ketum parpol yang ada, terutama yang mendukung Pak Presiden, Partai Golkar menyerahkan nama tersebut ke Pak Presiden," tegas Airlangga.

Cak Imin sebelumnya berbicara tentang kemungkinan PKB dan Golkar berada di luar koalisi pendukung Joko Widodo pada Pilpres 2019. Cak Imin awalnya menjelaskan hasil pertemuannya dengan Airlangga. Dia mengklaim keduanya sepakat saling mendukung.

"Dengan Airlangga fokus pada dua hal. Pertama, PKB-Golkar sepakat membangun koalisi yang lebih produktif di pemerintahan. Kedua, sama-sama berkeinginan mendukung. Saya dukung Airlangga, Pak Airlangga dukung saya," kata Cak Imin di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Airlangga dan Cak Imin disebut-sebut dipertimbangkan menjadi cawapres Jokowi, meski belakangan PDIP menyebut Cak Imin tak masuk hitungan lagi. Jika Airlangga atau dirinya tak jadi cawapres Jokowi, Cak Imin menyebut akan ada pertemuan lanjutan Golkar-PKB guna evaluasi.

"Nanti kumpul lagi bagaimana evaluasinya," sebut dia.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR