180710201557-ini-c.jpg

dokumen galamedianews.com

Ini Calon Pendamping Ideal Jokowi di Pilpres 2019

Nasional

Selasa, 10 Juli 2018 | 20:15 WIB

Wartawan: H. Dicky Aditya

LEMBAGA survei LSI Denny JA kembali merilis survei soal Pilpres 2019 usai perhelatan Pilkada Serentak 2018. Survei dengan tema besar "Pasangan Capres dan Cawapres Paska Pilkada" ini kembali menyorot soal siapa cawapres ideal atau yang paling cocok sebagai pendamping Jokowi di Pilpres 2019.

Seperti survei sebelumnya, LSI Denny JA mengelompokkan kriteria cawapresnya berdasarkan kategori dari unsur partai politik; profesional; aparat hukum, polisi dan militer; dan pemuka agama.

Untuk cawapres dari partai politik, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto jadi pilihan responden dengan prosentase 35,7 persen. Menyusul Ketum PKB Mumaimin Iskandar 21,5 persen dan Ketum PPP, Romahurmuzy 16.0 persen. Airlangga dipilih responden karena dianggap Jokowi akan kuat di Parlemen jika didampingi Ketum Golkar ini.

“Airlangga Hartarto (Ketum Golkar) adalah Cawapres dengan elektabilitas tertinggi dari Partai Politik,” seperti tertulis dalam hasil rilis survei tersebut, Selasa (10/7/2018).

Dari unsur profesional, hasil survei menyebut elektabilitas Sri Mulyani Indrawati tertinggi. Menteri Kuangan dalam kabinet Jokowi ini dipilih responden karena dianggap cawapres ideal untuk menumbuhkan perekonomian Indonesia.

Sri Mulyani dipilih 32,5 persen responden, sedangkan Susi Pudjiastuti (Menteri KKP) dan Chairul Tandjung masing-masing sebesar 24,5 persen dan 17,0 persen.

Editor: H. Dicky Aditya



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR