180707060339-sebel.jpg

Dokumen Galamedianews.com

Sebelum Melamar AHY, Prabowo Bakal Berdiskusi dengan PKS dan PAN

Nasional

Sabtu, 7 Juli 2018 | 06:03 WIB

Wartawan: H. Dicky Aditya

KETUA Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan partainya akan berdiskusi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) sebelum melamar Agus Harimurti Yudhoyono menjadi cawapres.

"Saya kira ini masih penjajakan. saya menyampaikan bahwa kita welcome terhadap saran-saran. Tapi kita tetap ingin menggodok dengan teman-teman, mitra saya yang selama ini selalu bersama saya, yaitu PKS dan PAN," kata Prabowo di rumahnya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat malam (6/7/2018).

Kamis malam, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarif Hasan mendatangi kediaman Prabowo. Setelahnya, wasekjen Andi Arief mengklaim keduanya membahas kemungkinan AHY menjadi cawapres Prabowo.

Mengenai klaim Andi tersebut, Prabowo enggan bicara banyak. "Saya belum baca rilisnya tapi intinya itu. Saya sampaikan ke Pak Syarif Hasan kita tidak ada masalah kita welcome."

Prabowo mengamini bahwa pertemuan dengan Syarif membahas kemungkinan berkoalisi dengan Demokrat pada Pilpres 2019. Namun, dia kembali menyampaikan hal tersebut akan dibahas terlebih dulu bersama PKS dan PAN.

"Karena saya sudah terlanjur bekerja sama erat dengan PKS dan PAN, berarti kita perlu ada konsensus karena kita ingin ada koalisi yang kuat ke depannya," kata Prabowo.

Tak lama setelah pertemuan di Kertanegara, Andi Arief mengklaim pertemuan Syarif dengan Prabowo membahas kemungkinan duet Prabowo-AHY pada pilpres 2019.

"Mengingat materi pembicaraan yang penting soal skema koalisi pilpres yang dikemukakan PS (Prabowo) cukup penting dan menyangkut kemungkinan PS berpasangan dengan AHY (Agus) maka akan dibicarakan di internal Partai Demokrat sesegera mungkin," kata Andi melalui keterangan tertulis.

Andi mengatakan komunikasi antara Gerindra-Demokrat terjalin dengan "sangat positif." Meski belum ada kesepakatan bersama, Gerindra dan Demokrat sudah sama-sama memiliki gambaran.

Andi mengatakan selanjutnya bakal ada pertemuan-pertemuan lanjutan untuk mematangkan komunikasi.

"Diharapkan akan ada pertemuan puncak antara kedua ketum partai SBY (Susilo Bambang Yudhoyono, ketum Partai Demokrat) dan PS nantinya jika sudah ada kesepakatan bersama bentuk dan arah koalisi termasuk apakah AHY akan menjadi cawapres seperti yang dikemukakan PS," kata dia.

Editor: H. Dicky Aditya



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR