180314164207-yppd-jepang-sumbang-kursi-roda-untuk-anak-anak-disabilitas.jpg

Tok Suwarto

Anak-anak penyandang disabilitas dari berbagai daerah di Jateng, menerima kursi roda khusus dari Yayasan Peduli Penyandang Disabilitas Jepang di UNS, Rabu (14/3/2018).

YPPD Jepang Sumbang Kursi Roda untuk Anak-anak Disabilitas

Nasional

Rabu, 14 Maret 2018 | 16:42 WIB

Wartawan: Tok Suwarto

YAYASAN Pelajar Peduli Disabilitas (YPPD) dari Jepang, memberikan sumbangan berupa tujuh kursi roda yang dirancang khusus bagi anak-anak penyandang disabilitas dari berbagai kabupaten di wilayah Jawa Tengah. Sumbangan tersebut disalurkan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Rabu (14/3/2018).

Pembina YPPD, Prof. Masakatsu Tozu, yang merupakan profesor emiritus Kokhushikan University Japan, menyerahkan tujuh kursi roda tersebut kepada Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi, yang kemudian diteruskan kepada anak-anak siswa Sekolah Dasar SLB bagian D "YPAC" Solo, SLB "Sulaisa" Wonogiri, SLBN "Cendono" Kudus, SLBN Jepara, SLBN Temanggung, SLB "Sartika" Ngawen Blora, dan SLB "YPALB" Karanganyar. Penyerahan dilaksanakan sebelum Prof. Masakatsu berbicara pada seminar internasional "Exploring and Identifying the Dinamics and Its Challanges of Cultural Transformation" yang digelar Pusat Studi Javanologi UNS.
 
YPPD Jepang memberikan sumbangan berupa kursi roda khusus bagi anak-anak penyandang disabilitas tersebut, kata Masakatsu, karena dia melihat di Indonesia belum banyak kursi roda yang dirancang khusus untuk anak-anak.

"Padahal di Jepang sangat banyak kursi roda anak-anak dan lucu-lucu. Ketika anak penyandang disabilitas telah beranjak dewasa, kursi roda juga harus ganti dengan kursi roda khusus dewasa. Dan kualitas kursi roda di Jepang sangat bagus di bandingkan kursi roda buatan negara-negara lain,” ujarnya.

Menanggapi pemberian sumbangan berupa kursi roda khusus untuk anak-anak penyandang disabilitas di Jawa Tengah, Rektor UNS, Prof. Ravik Karsidi, berharap agar sarana mobilitas berupa kursi roda untuk anak-anak penyandang disabilitas bisa bermanfaat dan berguna demi masa depan anak-anak tersebut.

"Walaupun sekarang baru disumbangkan tujuh kursi roda khusus, Yayasan Pelajar Peduli Disabilitas Jepang juga menyiapkan sumbangan 80 kursi roda lagi khusus untuk anak-anak penyandang disabilitas yang belum mendapat bagian," ujarnya.

Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR