Sejumlah Bus di Terminal Leuwipanjang harus Masuk Kandang

- 8 Mei 2019, 19:36 WIB
IMG_20190507_173433
IMG_20190507_173433

AKSARAJABAR.COM, BANDUNG - Kepala Terminal Leuwipanjang Posma Simanjorang menyebut terdapat sejumlah temuan yang menjadi permasalahan bus dalam aat uji Ramp Check bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal Leuwipanjang, Selasa (07/05/2019).


Diungkapkannya, dari total 20 unit bus yang dilakukan pemeriksaan, sebanyak 4 bus di antaranya memiliki permasalahan ringan hingga berat dan terpaksa harus dikembalikan ke poolnya masing-masing.


"Ramp check tadi ada temuan masalah rem tangan, baut roda, dan lampu penunjuk arah," ungkap Posma usai pengecekan.


Dijelaskannya, permasalahan rem tangan bus merupakan kategori yang dinilai berat, sementara baut roda dan lampu penunjuk arah adalah kategori ringan. Pihaknya, akan menindaklanjuti temuan tersebut untuk memastikan keamanan penumpang selama mudik.

"Untuk tindak lanjutnya kami kembalikan ke poolnya, tidak ditentukan waktunya, kalau mau beroperasi ya harus perbaiki dulu," ujarnya.

Posma menuturkan, uji Ramp Check yang dilakukan sejak kemarin akan terus pihaknya berlakukan hingga H+7 Lebaran 2019. Menurutnya, pemeriksaan berkala sangat penting untuk memastikan kelaikan kendaraan guna keselamatan pengguna jasa bus sebagai transportasi umum.

"Tadinya kendaraan kan ada sistem peremajaan, takutnya mobil-mobil cadangan itu ikut operasional. Itu yang kita awasi," ujar dia. (iman)

Editor: Iman Mulyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x