Nico Siahaan Jadi Saksi Kasus Suap Bupati Cirebon

Meja Hijau

Rabu, 13 Maret 2019 | 12:54 WIB

190313125431-nico-.jpg

Lucky M. Lukman

SELEBRITIS yang kini terjun ke dunia politik, Junico BP Siahaan atau Nico Siahaan, dihadirkan sebagai saksi dalam sidang kasus dugaan korupsi dengan terdakwa Bupati Cirebon nonaktif, Sunjaya Purwadisastra. Politisi dari PDIP itu dihadirkan karena namanya sempat disebut menerima aliran dana dari Sunjaya.

Sidang kasus ini digelar di ruang sidang 6 Pengadilan Tipikor Bandung, Jln. L.L.R.E Martadinata, Kota Bandung, Rabu (13/3/2019). Sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim Fuad Muhammady.

Selain Nico Siahaan, penuntut umum KPK dalam sidang kali ini juga menghadirkan lima orang saksi lainnya. Mereka merupakan ASN di lingkungan Pemkab Cirebon. Saksi-saksi ini dihadirkan terkait perbuatan terdakwa Sunjaya menerima setoran dalam mutasi promosi jabatan di lingkungan Pemkab Cirebon.

Seperti diketahui, Sunjaya Purwadisastra didakwa menerima suap dari Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Perunahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Cirebon, Gatot Rachmanto terkait promosi jabatan. Uang suap sebesar Rp 100 juta. Pihak yang diduga memberi suap, Gatot Rachmanto, sudah dijatuhi hukuman 1,2 tahun penjara.

Atas perbuatannya, terdakwa Sunjaya dijerat pasal 12 huruf b Undang-Undang No 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang No 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang No 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, sebagaimana dakwaan pertama. Ia juga didakwa melanggar pasal 11 Undang-Undang No 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, sebagaimana dakwaan kedua. Ancamannya maksimal 20 tahun penjara.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR