181106122343-satu-.jpg

Darma Legi

Satu Pelaku Penganiaya Jakmania Divonis Bebas

Meja Hijau

Selasa, 6 November 2018 | 12:23 WIB

Wartawan: Lucky M. Lukman

SATU dari lima anak pelaku penganiaya Haringga Sirla, suporter Jakmania yang meninggal di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), divonis bebas oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung. Anak berinisial NSF (16) itu dinyatakan tak terbukti bersalah melakukan tindak pidana pasal 170 KUHPidana sebagaimana dituntutkan oleh jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Bandung.

Amar putusan dibacakan hakim Suwanto, di Ruang Sidang Anak PN Bandung, Jalan L.L.R.E Martadinata, Kota Bandung, Selasa (6/11/2018).

"Membebaskan pelaku anak satu (NSF) dari segala dakwaan, dan tuntutan," katanya.

Selain itu, hakim Suwanto juga memerintahkan agar nama baik, hak serta martabat pelaku anak NSF dikembalikan. Pelaku anak juga harus dibersihkan dari segala tuntutan hukum.

Atas putusan tersebut, NSF dan kuasa hukumnya langsung menerima. Sementara itu tim JPU Kejari Bandung langsung mengajukan kasasi. Sebelumnya, NSF oleh JPU dituntut hukuman tiga tahun penjara.

Berbeda dengan NSF, dalam sidang yang sama, pelaku lainnya, AF dinyatakan terbukti bersalah melakukan penganiayaan yang mengakibatkan meninggalnya korban sebagaimana dakwaan kedua, yakni pasal 170.

"Menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara," ujar hakim.

Vonis yang diterima AF lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa. Sebelumnya, JPU Kejari Bandung yang dipimpin Melur Kimaharandika menuntut pelaku anak AF dengan hukuman penjara 3,5 tahun penjara.

Perlu diketahui, sidang dengan agenda putusan tersebut dibagi dua sesi, sesi pertama tiga pelaku anak SH, AR, dan TD. Kemudian sesi kedua NSF dan AF. Sidang berlangsung terbuka. Untuk pelaku anak SA dan AR dihukum 4 tahun dan TD 3 tahun dan 6 bulan penjara.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR