180920143057-sidan.jpg

Engkos Kosasih

Sidang OTT Buang Sampah Sembarangan, Tiga Orang Didenda Rp 30.000

Meja Hijau

Kamis, 20 September 2018 | 14:30 WIB

Wartawan: Engkos Kosasih

EMPAT orang warga terkena operasi tangkap tangan (OTT) membuang sampah sembarangan ke tempat pembuangan sampah (TPS) liar di Jalam Raya By Pass Cicalengka dan Jalan Dampit, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Kamis (20/9/2018) pagi.

Tiga dari empat warga itu langsung dihadirkan pada sidang tindak pidana ringan (tipiring) dengan perkara buang sampah sembarangan di Aula Kecamatan Cicalengka.

Ketiga warga yang dihadapkan pada sidang tipiring tersebut, yakni Gumilar (23) warga Ciamis yang menetap di Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka, Ikin (47) dan Oneng Sulastri (39) keduanya warga Kecamatan Cicalengka. Atas pelanggarannya itu, masing-masing tersangka dikenai denda Rp 28.000 dan dikenakan biaya perkara Rp 2.000.

Dalam sidang perkara OTT buang sampah sembarangam itu menghadirkan hakim tunggal dari Pengadikan Negeri Bale Bandung Firza Andriansyah, S.H., M.H., dan Jaksa dari Kejaksaan Negeri Bale Bandung Remi Trisnawiyana, S.H., dan Panitera Pengganti Enang Suparman, S.H., M.H., dan Wiwin Widarmi.

Sidang tipiring OTT buang sampah sembarangan itu sebagai tindaklanjut hasil operasi penyakit masyarakat yang dilancarkan puluhan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bandung pada Kamis subuh. Sebelumnya, Satpol PP pada Rabu (19/9/2018) sejak pukul 19.00-21.00 WIB melaksanakan operasi pekat dengan sasaran pengedar dan penjual minuman keras (miras) mengandung alkohol.

Camat Cicalengka H. Entang Kurnia, S.E., M.Si., menyambut baik dengan adanya sidang tipiring yang dilaksanakan Satpol PP bekerjasama dengan Pengadilan dan Kejaksaan.

"Ini bisa menjadi pembelajaran bagi warga yang terkena OTT buang sampah sembarangan maupun yang tertangkap razia menjual miras supaya jera. Termasuk bisa membuat jera para pelaku prostitusi," kata Entang kepada galamedianews.com di sela-sela sidang tipiring.

Entang berharap, dengan adanya tindakan hukum ini, supaya warga yang berperkara sadar dan tak buang sampah sembarangan.

"Buang sampah sembarangan itu menyebarkan penyakit yang berasal dari sampah membusuk, selain menularkan bakteri dan kuman disaat tertiup angin. Akhirnya merusak kesehatan dan itu perbuatan dosa," katanya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR