Persib U-16 Harus Miliki Banyak Strategi

Maung Ngora

Rabu, 15 Mei 2019 | 14:58 WIB

190515145931-persi.jpg

SKUAD Persib U-16 harus memiliki banyak taktik dan strategi untuk mengarungi kompetisi Elite Pro Academy PSSI. Berbagai cara harus dilakukan supaya alur serangan ke jantung pertahanan lawan tidak monoton dan gampang terbaca lawan.

Bukan hanya lewat alur serangan cepat, eksekusi bola-bola mati dari corner kick, tendangan bebas bahkan lemparan ke dalam pun harus bisa menjadi cara untuk mendulang gol.

Buktinya, adalah ketika Persib U-16 mampu meraih kemenangan besar dari Madura United U-16 5-0 pada pertandingan terakhir di Stadion Arcamanik, beberapa waktu lalu.

Tiga gol di pertandingan tersebut diciptakan melalui proses memanfaatkan set piece dari bola mati dan lemparan ke dalam.

Dua gol memaksimalkan umpan dari lemparan Robby Darwis yang mampu dikonversi gol oleh Kakang dan Elang Brajananta kemudian satu gol oleh Satria Febrian merupakan hasil dari menyambut umpan Zahran dari sepak pojok.

Pelatih Persib U-16, Imam Nurjaman mengatakan eksekusi bola mati sudah dilatih di setiap latihan supaya bisa berbuah gol. Bahkan, menurutnya cara tersebut menjadi salahsatu senjata andalan timnya untuk mencetak gol.

Imam menyebutkan sudah menyiapkan beberapa opsi memaksimalkan bola-bola mati terutama yang dekat dengan gawang lawan. Dijelaskan, dengan banyaknya opsi tersebut maka eksekusi bola-bola mati bisa fleksibel sehingga lawan sulit mengantisipasi.

"Ya bisa disebut itu sudah jadi andalan kami, tetapi apapun peluangnya dari proses apapun ya harus bisa jadi gol," kata Imam, Rabu (15/5/2019).

Imam menambahkan menghadapi kompetisi lanjutan pun, timnya tentu terus dipersiapkan terutama di lini depan supaya semakin produktif dalam menciptakan gol.

"Tentunya tim lain terus mempelajari tim kami, makanya pemain pun harus terus berkembang dengan program dan latihan," kata dia.

Saat ini, Persib U-16 sudah melakoni enam pertandingan melawan tiga tim pada kompetisi Elite Pro Academy PSSI sebelum liburan lebaran.

Dari enam laga, Persib mampu berada di posisi kedua klasemen Grup 2, dibawah Bhayangkara FC. Persib mengantongi poin 12, sedangkan Bhayangkara FC mengoleksi 16 poin hasil dari enam kali kemenangan.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR