Mantan Kiper Persib Dirikan Akademi

Maung Ngora

Senin, 25 Maret 2019 | 18:50 WIB

190325185122-manta.jpg

Ferdy Soegito Putra

MANTAN kiper Persib Bandung, Rizky Bagja Permana dirikan akademi kiper 'RBP Goalkeeper Academy' di lapangan Mini Soccer Cidurian, Cijaura, Kota Bandung, Senin (25/3/2019). Rizky berharap, akademi ini bisa menjadi pusat pembinaan yang mampu mencetak para kiper handal di tingkat nasional.

"RBP Goalkeeper Academy ini kami harapkan bisa menjadi pusat pembinaan kiper usia muda yang mampu menciptakan kiper handal untuk sepak bola Indonesia dikemudian hari," kata Mantan Pemain Persib tahun 2011.

Untuk mewujudkan visinya, RBP Goalkeeper Academy akan berusaha tampil konsisten dalam melatih para kiper muda agar kedepan bisa dipromosikan kepada tim papan atas (klub) maupun Tim Nasional (Timnas)

"Akademi ini sebagai wadah dan bisa menjadi salah satu media penyalur para kiper handal untuk tim papan atas maupun Timnas. Dan alhamdulillah dengan kehadiran akademi ini banyak respon positif dan menyambut baik," katanya.

Untuk jumlah peserta, sejauh ini RBP Goalkeeper Academi baru menampung sebanyak 18 kiper. Mereka terdiri dari kelas prestasi dan kelas basic (dasar). "Kelas dasar ini lebih banyak di isi oleh anak-anak dan pemula dengan metode latihan dasar, sedangkan yang prestasi sudah lebih terarah dan lebih kepada pematangan skill dan teknik, untuk menutupi kelemahan," jelasnya

Menurut Rizky, dalam melatih seorang kiper tidak bisa disamakan seperti latihan pada umumnya dan diperlukan metode yang khusus. "Sudah jelas latihan kiper ini berbeda dengan pemain di posisi lainnya karena mempunyai metode tersendiri, setelah itu baru dikombinasikan dengan pemain lain," katanya.

Maka dalam melakukan latihan, pihaknya akan dibantu dengan pelatih-pelatih yang handal dan bersertifikat. Adapun jumlahnya terdiri dari tiga orang diantaranya Rizky sendiri, Nivo febriantino (khusus fisik) dan Adi Perdana.

Mengingat RBP Goalkeeper Academy merupakan akademi kiper kedua yang ada di Jawa Barat, ia memastikan akan memberikan perhatian khusus kepada para kiper yang sedang menjalankan proses pembinaan.

"Yang pasti dengan jumlah yang belum begitu banyak kita akan memberikan perhatian khusus kepada para keper melalui latihan rutin, dan prosea latihan kita dimulai pada hari Sabtu dan Minggu," pungkasnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR