Akademi Sepak Bola Jawa Barat Gelar Seleksi Tahap 2

Maung Ngora

Minggu, 17 Februari 2019 | 19:20 WIB

190217190344-akade.jpg

Ferdy Soegito Putra

UNTUK menjaring para pemain sepak bola berbakat dari seluruh klub di Jawa Barat. Akademi Sepak Bola Jawa Barat kembali menggelar seleksi pemain tahap ke-2 yang berlangsung di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (16/2/2019) lalu.

Berbeda dengan seleksi tahap pertama, Direktur Akademi Sepak Bola Jabar, Wawan Dermawan menuturkan jika seleksi tahap ke-2 lebih terfokus pada pemain kelompok usia (KU) 14-15 dan KU 16-17. Sedangkan pada seleksi tahap pertama pihaknya baru menjaring para pemain dari KU 12-13.

"Pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan kembali bahwa seleksi tahap kedua bukan merupakan penyusutan dari seleksi tahap pertama, melainkan seleksi untuk kelompok usia berikutnya yakni dari KU 14-17," jelas Wawan saat dijumpai di Lapangan Sepak Bola Sidolig

Lanjut Wawan, pada proses seleksi pemain tahap kedua, pihaknya masih melibatkan beberapa orang yang tergabung didalam tim talent scouting. Dimana selain pelatih berbakat, tim pencari bakat juga turut melibatkan beberapa pemain legenda Persib.

"Untuk menentukan pemain kita masih melibatkan tim talent scouting, mereka akan menentukan siapa pemain yang layak untuk bergabung kedalam Akademi Sepak Bola Jawa Barat," jelasnya

Adapun sistem seleksi pemain Akademi Sepak Bola Jawa Barat tahap kedua akan dijalankan melalui sebuah pertandingan internal antar pemain seleksi, disana, pihaknya akan menilai para pemain baik dari fisik, skill maupun kerjasama tim.

"Tim talent akan melihat pemain dari pertandingan, karena peserta cukup banyak kita bagi mereka kedalam beberapa tim dan kita lihat diwaktu 2x15 menit. Yang jelas kita menginginkan pemain yang fisiknya bagus terutama yang memiliki VO2 Max," ujarnya.

Sedangkan Ketua Bidang Kesiswaan Akademi Sepak Bola Jabar, Aam Sjamsudin, menuturkan dalam proses perekrutan pemain, pihaknya mengaku akan mengklasifikasikan terlebih dahulu para pemain seleksi kedalam 3 kategori kelas.

"Kita akan klasifikasikan pemain kedalam beberapa kategori kelas, dan kedepan kita akan terus memantau perkembangan mereka, jadi nanti akan ada sistem promosi degaradasi juga, tapi setiap KU akan di isi 30 an pemain," jelasnya.

Lanjut dia, setelah memiliki sebanyak 30 pemain di setiap kelompok usia, pihaknya akan memberikan sejumlah materi latihan dimana pemain terpilih akan menempuh proses latihan selama 5 kali pertemuan. "Seperti yang disampaikan oleh pak Wawan, kita ingin serius dalam menjalankan akademi. Maka dalam perjalanannya kita akan membina dalam waktu 5 kali pertemuan dalam seminggu dimana 1 pertemuan kita isi dengan pertandingan," jelasnya

Ia pun berharap dengan adanya akademi ini, pihaknya bisa melahirkan bibit-bibit pemain berbakat, bukan hanya untuk dipersembahkan kepada klub tetapi juga untuk Tim Nasional (Timnas) Indonesia

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR