Budiman Pertanyakan Alasan Pemain Persib U-19 Tak Masuk Skuad Timnas U-22

Maung Ngora

Rabu, 9 Januari 2019 | 10:56 WIB

190109105640-budim.jpg

dok

Persib Bandung U-19

SKUAT Persib Bandung U-19 berhasil meraih gelar juara pada kompetisi Liga 1 U-19. Bahkan dua gelar individu diraih dua penggawa Maung Ngora yakni pencetak gol terbanyak oleh Beckham Putra Nugraha dan pemain terbaik yang didapatkan oleh Muhammad Syafrill Lestaluhu.

Namun dari skuad juara tersebut, tidak ada satupun pemain Persib U-19 yang dipanggil untuk mengikuti seleksi Timnas U-22 asuhan Indra Sjafri. Hanya Indra Mustafa dan Gian Zola yang menjadi dua pemain dari Persib Bandung mengikuti seleksi yang diikuti 38 pemain tersebut.

Pelatih Persib U-19, Budiman mempertanyakan alasan tak ada satupun dari pemainnya yang dipanggil untuk mengikuti seleksi. karena menurutnya, titel gelar setidaknya menjadi jaminan kualitas kemampuan secara tim maupun individu penggawa Maung Ngora.

Budiman mengaku tidak tahu alasan kenapa tak ada pemain yang dipanggil Timnas, padahal dari skuad nya terdapat pemain terbaik yang dipilih langsung oleh tim pemandu bakat yang dibentuk langsung oleh PSSI.

"Kami berharap setidaknya ada yang ikut seleksi, kami kan tim juara. Saya akan pertanyakan ini kepada tim talent scouting," kata Budiman, Rabu (9/1/2019).

Budiman mengaku, paham jika pelatih memiliki selera pemain yang berbeda, apalagi Timnas membutuhkan pemain yang siap pakai sehingga memanggil pemain yang sudah tampil di Liga.

Akan tetapi, menurutnya, memberikan kesempatan kepada pemain untuk ikut seleksi dan memperlihatkan kemampuan menjadi sebuah apresiasi yang tinggi. Terlebih, pada proses seleksi tersebut pemain bisa tampil cemerlang.

"Kami harap pemain bisa ikut saja dulu seleksi. Jadi dilihat dulu. Saya mengerti pelatih butuh pemain yang siap pakai dan yang diambilnya pemain yang dinilai memiliki mental yang siap tanding," ungkapnya.

Budiman menilai, Syafrill Lestaluhu bisa bersaing di posisi tengah dengan pemain yang dipanggil Timnas. Selain itu, dua penggawa di lini depan yakni Ilham Qolba dan Beckham Putra Nugraha pun layak untuk dipanggil Timnas U-19.

Tak hanya itu, di lini belakang, Rizki Ar Rohman memiliki jam terbang yang cukup dan layak diberi kesempatan untuk ikut seleksi di timnas. Termasuk penjaga gawang Ade Chandra yang sudah mendapatkan pengalaman di Liga 1 U-19 dan Liga 2.

Budiman menyebutkan pemainnya bukan hanya siap secara teknis tetapi memiliki bekal mental yang kuat.

"Kami punya progres yang bagus, karena tahun 2017 masuk final, lalu kemarin juara, jadi saya pikir anak-anak sudah siap cuma sayang engga ada yan dipanggil untuk seleksi," cetusnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR