181203111454-ssb-s.jpg

ist

SSB Sariayu

SSB Sariayu Sumedang Ingin Lahirkan Talenta ke Jenjang Nasional

Maung Ngora

Senin, 3 Desember 2018 | 11:13 WIB

Wartawan: Sutanto

KANCAH sepak bola di Sumedang terus berkembang. Sejumlah pemain bertalenta bermunculan dari daerah yang terkenal dengan tahu-nya itu.

Sebut saja salah seorang pemain dari Sumedang, Rizki Muhamad Saputra  yang saat ini bergabung dengan Persib U-16 di ajang kompetisi Liga 1 U-16.

Dengan kondisi tersebut, Sumedang tentu memiliki potensi yang besar untuk memunculkan pemain-pemain muda berbakat. Maka untuk itulah adanya sekolah sepak bola Sariayu Sumedang.

Ketua SSB Sariayu, Agustinus menjelaskan, munculnya ssb tersebut tidak instan begitu saja. Ada proses yang cukup panjang untuk menentukan langkah membina pemain-pemain muda Sumedang.

Ia menjelaskan, awalnya Sariayu mulai kiprah di dunia si kulit bundar dengan fokus melatih pemain futsal selama tiga tahun. Baru pada awal 2017, memutuskan untuk memulai membina pemain sepak bola lapangan besar.

"Sudah berjalan enam bulan, kami ingin memajukan putra-putri Sumedang sambil mencari bakat," kata pria yang akrab disapa Agus dihubungi, Senin (3/12/2018).

Agus mengungkapkan, adanya Sariayu tentu bukan hanya sekedar eksistensi latihan. Tetapi, memiliki misi mulia yakni memberikan sumbangsih bagi sepak bola Sumedang, Jawa Barat bahkan bisa ke Nasional.

"Mudah-mudahan kedepannya ada dari ssb ini pemain yang muncul," ungkapnya.

Agus menyebutkan saat ini, pembinaan di Sariayu mulai dari usia dini dan memiliki tim 14 tahun hingga 18 tahun dan menggelar latihan rutinnya di Lapangan Cigugur plus Lapangan Boca, Cimalaka.

Dalam pelatihan para pemain mengikuti program yang sudah dirancang. Bagi pemain U-13, dijejali dasar-dasar teknik sepak bola dari dribbling, passing hingga gerakan-gerakan cepat. Namun, pada usia tersebut belum ada latihan fisik supaya pemain bisa menikmati proses latihan dengan bola.

Pengenalan latihan fisik mulai diterapkan secara bertahap pada usia 14 tahun, tetapi beriringan dengan pematangan teknik sepak bola supaya semakin berkembang.

"Latihannya sudah dirancang berdasarkan program dan tergantung dengan usia pemain," ucapnya.

Agus menambahkan ssb Sariayu pun berencana untuk menggelar turnamen rutin bertajuk Sariayu Cup. Disebutkan, turnamen ini sudah digelar pertama kali yang berakhir pada 25 November dan diikuti sebanyak 23 tim U-18.

Pada akhir turnamen, pun digelar pertandingan eksebisi antara Kresna Sariayu melawan Mantan Persib yang dimenangkan Mantan Persib 0-4.

"Tahun depan kita berencana mengadakan lagu turnamen. Itu jadi ajang untuk melihat pemain-pemain muda," ungkapnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR