181010171542-kemen.jpg

sutanto

Kemenangan atas PSIS, Bekal Persib U-16 Menuju Palembang

Maung Ngora

Rabu, 10 Oktober 2018 | 17:13 WIB

Wartawan: Sutanto

CATATAN positif Persib U-16 saat menghadapi PSIS Semarang pada pertandingan lanjutan Liga 1 U-16 akhir pekan kemarin diharapkan menjadi pemicu semangat pada laga melawan Sriwijaya FC U-16 di Palembang.

Empat kali kemenangan beruntun yang diraih anak asuh Kartono Pramdhan, sejatinya tidak hanya di raih di kandang. Di Palembang, bisa jadi menjadi arena bagi Maung Ngora untuk membukukan kemenangan perdana pada partai tandang.

Bukan hanya menyoal kemenangan, catatan positif Persib U-16 pun bisa dilihat dari pola permainan yang semakin padu dan kompak. Meskipun cenderung menurun ketika melawan PSIS U-16 pada laga kedua, tetapi Persib U-16 sudah mulai memunculkan karakter bermain yang melekat.

Di sektor penyerangan, bukan hanya barisan striker yang bisa menciptakan gol. Tetapi setiap pemain di sejumlah posisi, dari depan, tengah hingga belakang, memiliki insting mencetak gol yang baik.

Buktinya ketika Persib U-16 bisa menang 2-1 atas PSIS U-16 di laga kedua. Dua gol yang tercipta merupakan kreasi dari dua pemain full back.

Gol pertama dilesakkan Miftah Firman sebagai bek tengah. Firman mengeksekusi tendangan bebas yang berbuah gol pertama. Kemudian gol kedua lahir dari kaki kiri M Fahri yang berposisi sebagai full back kanan.

Gol Fahri cukup ciamik karena tendangan cukup jauh dari mistar gawang sekaligus bola yang dihasilkan melengkung yang berakhir di sudut yang sulit di jangkau penjaga gawang.

Dua gol yang diciptakan pemain belakang, bukan bermakna jika para penyerang Persib U-16 mandul. Sebaliknya, lini depan Persib U-16 bisa dibilang mulai menemukan ketajamannya. Ravil yang selalu dipercaya sebagai penyerang tunggal semakin percaya diri, begitu pula Andri Febriansah yang kerap membantu dari posisi penyerang kedua melalui lini tengah maupun sayap.

Kedua nama tersebut pun berhasil mencetak masing-masing satu gol untuk mengunci kemenangan 2-0 atas PSIS U-16 di laga pertama.

Asisten pelatih Persib U-16, Yusuf Rojali menilai pemain belakang yang membantu penyerangan hingga berbuah gol sangat bagus bagi tim. Apalagi ketika pemain depan mendapat pengawalan ketat.

Menurutnya, kondisi tersebut merupakan nilai positif yang terus berkembang dari skuad Persib U-16.

"Kami Persib U-16 adalah tim, jadi tidak masalah siapapun yang mencetak gol. Karena semua bekerja untuk tim ini," ucapnya.

Namun demikian, lini belakang yang kerap kecolongan menjadi salahsatu bahan evaluasi bagi pemain yang selalu disampaikan pada sesi latihan usai pertandingan.

"Catatan evaluasi selalu disampaikan kepada pemain. Kurangnya apa, kesalahannya dimana, selalu disampaikan oleh tim pelatih. Supaya tim bisa berkembang dan pemain secara individu pun terus progres," ujarnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR