180805180045-lsi-u.jpg

Sutanto

LSI U-19 Bergulir September, Ini Persiapan yang Dilakukan Persib

Maung Ngora

Minggu, 5 Agustus 2018 | 18:00 WIB

Wartawan: Sutanto

JADWAL Liga 1 U-19 yang semula digelar pertengahan Agustus, kemungkinan besar diundur. Rencananya, kompetisi mulai digulirkan pada September mendatang.

Dengan kondisi tersebut, tim kontestan tentunya memiliki waktu tambahan untuk mematangkan skuadnya, termasuk Persib U-19. Tim besutan Budiman akan memaksimalkan waktu tersebut untuk persiapan tim terutama pematangan taktik permainan.

Pelatih Persib U-19, Budiman menjelaskan memang timnya sudah semakin solid setelah beberapa bulan kebelakang terus ditempa latihan, apalagi anak didiknya mengikuti turnamen Hizbul Wathan Cup di Pekalongan.

Menurutnya, pertandingan di HW Cup mengasah mental pemain sekaligus menguji kreativitas permainan terutama dalam menjebol gawang. Walaupun kalah di perempat final, diakuinya, tim berjuluk Maung Ngora mendapat pelajaran penting.

"Kami sudah menjalani beberapa bulan dengan latihan berat, dan anak-anak mampu menjalani dengan baik. Sekarang, ada waktu tambahan karena kick off diundur, ini harus dimanfaatkan dengan baik," kata pria asal Lembang, Minggu (5/8/2018).

Budiman mengungkapkan pemain masih saja melakukan kesalahan mendasar. Dikatakan, waktu tambahan harus bisa meminimalisir bahkan meniadakan kesalahan-kesalahan tersebut.

Pasalnya, jika masih terjadi kesalahan bisa berakibat kurang baik pada penerapan taktik di lapangan.

"Jangan sampai kesalahan mendasar terus dilakukan, pemain harus fokus di latihan supaya taktik berjalan baik," ucapnya.

Budiman menambahkan tim rencananya tidak akan menggelar pemusatan latihan di Agustus. Menurutnya, latihan di Bandung menjadi opsi utama karena tim pun rencananya bakal mengikuti sejumlah turnamen.

"Ngga ada dulu pemusatan latihan," ujarnya.

Budiman berharap operator kompetisi Liga 1 U-19, bisa benar-benar menetapkan waktu kapan dimulainya kick off Liga 1 U-19. Sebab, kepastian jadwal bisa membuat pemain lebih bersemangat berlatih karena tujuan mereka tampil di Liga 1 U-19.

Menurutnya, jika terus mengalami pengunduran malah bisa berdampak pada menurunnya motivasi pemain. Bahkan, kualitas permainannya pemain muda bisa saja menurun.

"Pemain tentu butuh kompetisi, mereka menunggu hal itu. Mereka berlatih untuk kompetisi," tegasnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR