180622202047-persi.jpg

Sutanto

PEMAIN Persib U-19, Muhammad Syafrill Lestaluhu (kanan) berusaha menendang bola saat berduel dengan pemain Bethel Pilots pada pertandingan uji coba di Lapangan Football Plus, Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jumat (22/6/2018).

Persib U-19 Ditekuk Bethel Pilots 0-1

Maung Ngora

Jumat, 22 Juni 2018 | 19:21 WIB

Wartawan: Sutanto

PERSIB U-19 harus mengakui keunggulan Tim asal Amerika, Bethel Pilots 0-1 pada pertandingan uji coba yang digelar di Lapangan Football Plus, Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jumat (22/6/2018). Gol tunggal ke gawang Persib U-19 dilesakkan oleh Lucas di menit ke 39 babak kedua.

Di babak pertama, kedua kesebelasan berusaha menguasai jalannya permainan tetapi sengitnya duel di lini tengah membuat pemain dari kedua tim kerap kehilangan penguasaan bola.

Di menit ke 18, Persib U-19 mendapat peluang setelah Mario Jardel mendapat bola liar di luar kotak penalti. Namun sepakan Jardel belum menembus pertahanan lawan.

Di sisa waktu babak pertama, Persib U-19 berusaha mengembangkan pola permainan. Tetapi lawan yang melakukan pressing membuat penggawa Maung Ngora kesulitan melakukan umpan-umpan dekat.

Bahkan, Persib U-19 seringkali mendapat serangan. Tercatat empat kali tembakan ke gawang Lukman Nur Hakim dilepaskan tim asal Amerika.

Di babak kedua, Persib U-19 langsung tancap gas. Dua menit berjalan, Mario Jardel melepaskan umpan silang tetapi gagal disambut oleh Fery Andrianto.

Permainan skuad Maung Ngora pun berjalan lebih variatif dan mampu menerapkan pola umpan-umpan dekat dan cepat. Penyerang sayap pun tampil lebih enerjik membantu penyerangan.

Sayang, pola yang terbangun malah dinodai ketika pemain tengah M Syafrill Lestaluhu gagal mengontrol bola yang langsung direbut oleh pemain Bethel Pilots, Lucas.

Sempat membawa bola, Lucas yang tanpa penjagaan langsung melepaskan tendangan keras ke pojok kiri dan gagal ditahan Lukman. Gawang Persib U-19 bobol di menit ke 39 sekaligus tertinggal 0-1.

Tertinggal satu gol, Persib U-19 berusaha membalas. Menit 45, Ilham hampir membuat skor menjadi imbang jika sepakannya tidak ditahan penjaga gawang lawan.

Menit 66, giliran M Alvin Haryanto yang berpeluang mencetak gol. Sayang sundulan Alvin menerima umpan Beckham masih melenceng.

Di menit-menit akhir, tiga peluang Persib U-19 dari sepakan Beckham, Rifky Dickatama dan Alvin dimentahkan bek lawan. Persib U-19 gagal menyamakan skor dan mengakhiri laga dengan kekalahan.

Pelatih Persib U-19, Budiman tetap mengapresiasi permainan anak asuhnya meski harus menelan kekalahan. Menurutnya, semangat dan motivasi pemain layak diacungi jempol karena terus berjuang hingga peluit panjang dibunyikan.

"Kami tertinggal tetapi anak-anak tidak menyerah. Mereka terus berjuang untuk mencetak gol hingga berakhir pertandingan," kata Budiman.

Budiman mengaku timnya mendapatkan banyak pelajaran dari pertandingan tersebut. Walaupun diakuinya, tim lawan membuat timnya kesulitan untuk mengembangkan permainan terutama babak pertama.

"Anak-anak banyak melakukan longball di babak pertama, baru di babak kedua bermain umpan pendek dan cepat. Ini jadi pelajaran berharga," cetusnya.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR