Iwan Bule Serius Ingin Terapkan Penggunaan VAR

Liga Indonesia

Jumat, 8 November 2019 | 16:31 WIB

191108163200-iwan-.jpg

Twitter @iriawan84

Mochamad Iriawan.


PSSI di bawah kepemimpinan Ketua Umum yang baru, Mochamad Iriawan bakal melakukan terobosan untuk sepakbola Indonesia. Penerapan video assistant referee (VAR) bakal digunakan demi menciptakan kompetisi sepakbola Indonesia yang lebih baik. 

Lalu kapan hal itu bisa terealisasi? Penggunaan VAR di Indonesia dianggap penting untuk membantu wasit mengambil keputusan yang tepat. Menjawab persoalan ini, pria yang disapa Iwan Bule itu menyebut bakal menerapkan VAR namun butuh waktu.

Menurutnya hal yang paling krusial adalah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengoperasikan VAR. Tahun 2020 atau awal tahun 2021 dianggap waktu yang realistis, dan di sisa waktu akan digunakan untuk mempersiapkan SDM yang mempuni.

"VAR itu tidak segampang yang kita ketahui, VAR itu alatnya gampang, tetapi SDM-nya harus dilatih sehingga nanti kita akan melakukan pelatihan tanggal 27 November ya akan hadir dari FIFA untuk berdiskusi," kata Iwan Bule kepada wartawan.

"Mungkin mulai tahun depan kita sembilan bulan melatih itu, sehingga kita baru bisa memakai akhir tahun depan atau mungkin awal tahun 2021," lanjut dia seperti dilansir viva.co.id.

Untuk penggunaan VAR di Indonesia sebenarnya sudah dilakukan di Liga Sepakbola Amatir di Bandung yaitu Bandung Premier League (BPL). Bahkan penggunaannya sudah berjalan sejak akhir tahun 2018 namun bentuknya masih sederhana.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA