Tira Persikabo Terus Memimpin Klasemen Usai Tumbangkan Barito Putra

Liga Indonesia

Jumat, 9 Agustus 2019 | 21:13 WIB

190809211412-tira-.jpg

TIRA Persikabo terus berada di puncak klasemen Shopee Liga 1 2019. Bertandang ke markas Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Martapura, Jumat (9/8/2019) malam, tim asuhan Rahmad Dharmawan ini menang 4-2.

Empat gol Tira Persikabo disarangkan Wawan Febrianto menit ke-28, Louise Parfait Essengue menit ke-45+1, Loris Arnaud menit ke-57, dan Manahati Lestusen lewat titik putih pada menit ke-63.

Sedangkan gol tuan rumah disarangkan Samsul Arif pada menit ke-42 dan Rafael Silva pada menit ke-80.

Dengan kemenangan ini, Tira Persikabo masih memuncaki klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 dengan mengoleksi 29 poin dari 13 pertandingan. Barito tetap di peringkat ke-14, karena baru mendulang 12 poin dari 13 laga.

Dalam pertandingan pekan ke-13 itu, Tira Persikabo malah tampil lebih dominan meski berstatus tim tamu. Barito terlihat tidak bisa mengembangkan permainan.

Gol pertama Tira Persikabo lahir pada menit ke-28 melalui Wawan Febrianto, yang menyelesaikan umpan mendarat Ciro Alves. Tira Persikabo unggul 1-0 atas Barito.

Barito mampu menyamakan skor pada menit ke-42 lewat sundulan Samsul Arif, sehingga membuat kedudukan menjadi 1-1 kontra Tira Persikabo. Samsul Arif memanfaatkan assist dari Nazar Nurzaidin.

Namun, skor imbang tak berlangsung lama sebabtiga menit kemudian, Tira-Persikabo kembali memimpin 2-1 melalui gol dari Louise Parfait Essengue, yang meneruskan operan Abduh Lestaluhu. Skor 1-2 bertahan hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, permainan langsung berjalan sengit. Barito Putera bermain terbuka, namun hal ini yang ternyata malah menjadi bumerang untuk mereka.

Pada menit ke-57, Loris Arnaud memanfaatkan umpan Wawan, berhasil menyundul bola untuk masuk ke gawang Barito yang dikawal Aditya Harlan. Skor menjadi 1-3 untuk keunggulan tim tamu.

Tira Persikabo memperoleh hadiah penalti pada menit ke-63, setelah gelandang mereka dijatuhkan dijatuhkan Bayu Pradana. Manahati Lestusen yang menjadi algojo menuntaskan tugasnya dengan sempurna.

Barito pun kini tertinggal 1-4 dari tim asuhan Rahmad Darmawan tersebut. Setelah keunggulan tersebut, Tira Persikabo mulai lebih mengendurkan permainan.

Situasi ini dimanfaatkan Barito Putra yang lebih agresif dalam menekan. Pada menit ke-80, Barito memperkecil ketinggalan menjadi 2-4 lewat sundulan Rafael Silva memanfaatkan umpan tendangan bebas Rizky Pora.

Barito masih berupaya mengambil kesempatan untuk menyerang. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, skor 2-4 untuk kemenangan Tira Persikabo tidak berubah.

Susunan Pemain
Barito Putera: Aditya Harlan; Roni Beroperay, Donni Harold Monim, Lucas Silva, Nazar Nurzaidin; Rizky Rizaldi Ripora, Evan Dimas Darmono, Bayu Pradana, Ady Setiawan; Gavin Kwan Adsit, Samsul Arif Munip

Pelatih: Yunan Helmi

Tira-Persikabo: Angga Saputro; Rifad Marasabessy, Andy Setyo Nugroho, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Roni Sugeng Ariyanto, Parfait Essengue; Wawan Febrianto, Loris Arnaud, Ciro Alves

Pelatih: Rahmad Darmawan

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA