Ratusan Aparat Polda DIY Siap Amankan Laga Perdana Liga 1

Liga Indonesia

Selasa, 14 Mei 2019 | 21:43 WIB

190514211733-ratus.jpg

Ratusan personel Polda Daerah Istimewa Yogyakarta siap mengamankan laga pembuka Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada Rabu (14/5/2019).

"Kita sudah koordinasi dan konsolidasi dengan panitia juga pihak keamanan dan yang terpenting lagi adalah dari rekan-rekan supporter karena bagaimanapun juga kita menginginkan besok kita mengawali dengan satu pertandingan yang baik," kata Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dhofiri seusai Rapat Koordinasi bersama stakeholder tim sepak bola untuk persiapan pembukaan Liga 1 di Yogyakarta, Selasa (14/5/2019).

Menurut Dhofiri, untuk mengawal laga pembuka Liga 1 yang akan mempertemukan PSS Sleman dan Arema FC sebanyak 685 personel Polda DIY akan ditempatkan khusus di Stadion Maguwoharjo. Jumlah itu belum termasuk personel yang akan disiagakan di jalur-jalur yang akan dilalui para supporter sepak bola.

Ia menilai pertandingan pembuka Liga 1 yang akan dilaksanakan pada pukul 20:30 WIB atau usai shalat tarawih memberikan kemudahan dalam aspek pengamanan. Pertandingan yang berlangsung pada malam hari diyakini tidak terlalu mengganggu lalu-lintas.

"Dari sisi lalu lintas juga tidak begitu padat, kemudian juga supporter Arema datang lebih cepat jadi mereka bisa berbuka puasa dulu di stadion. Ini memudahkan kami untuk pengamanannya," kata Dhofiri.

Selain aspek pengamanan teknis, menurut Dhofiri, melalui acara yang mempertemukan para perwakilan supporter, Polda DIY juga berusaha membangun iklim persahabatan antara para supporter sepak bola sehingga Liga 1 menjadi pertandingan yang sportif dan menarik.

"Sehingga ketika (PSS) bertandang di Malang akan disambut dengan rasa persahabatan. Ini yang harus kita ciptakan, iklim persahabatan dari para supporternya," kata dia.

Dhofiri juga memastikan akan memperketat keamanan selama jalannya pertandingan dengan menyisir barang bawaan para penonton maupun suporter ketika hendak memasuki Stadion Maguwoharjo.

"Ketika masuk nanti terkait miras, senjata tajam, atau benda-benda yang berbahaya akan kami sweeping. Standar operasional prosedurnya memang seperti itu untuk menjaga hal-hal yang tidak kita inginkan," kata Dhofiri.

Seperti diwartakan, pada laga pembuka Liga 1 2019 Juara Liga 2 2018, PSS akan melawan juara Piala Presiden, Arema FC, di Stadion Maguwoharjo mulai pukul 20.30 WIB.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR