Ini Rekayasa Lalu Lintas Saat Laga Persib Versus Persiwa

Liga Indonesia

Minggu, 10 Februari 2019 | 18:08 WIB

190210202430-ini-r.jpg

Ziyan Muhammad Nasyith

MENGHADAPI laga Persib Bandung kontra Persiwa Wamena di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (11/2/2019), Polres Bandung akan merekayasa lalu lintas sepanjang jalan menuju stadion.

Polisi akan menerapkan aturan bagi para bobotoh yang hendak menuju stadion menggunakan bus maupun kendaraan roda empat dan roda dua. Hal ini seperti ditegaskan Kasatlantas Polres Bandung, AKP. Hasby Ristama di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Minggu (10/2/2019).

"Untuk kendaraan bus maupun roda empat yang keluar dari Kutawaringin Barat Tol, khusus untuk bus masuk di pintu utara. Sedangkan tiga pintu selatan untuk R2, tapi kalau crowded akan dialihkan ke pintu utara. Untuk roda empat dari arah gerbang tol bisa melalui pintu tengah," ungkapnya.

"Jadi untuk bus nanti bisa masuk langsung sejak keluar dari tol masuk lewat pintu vvip. Motor pintunya selatan, dan tengah untuk R2 atau mobil," tambahnya.

Hasby menuturkan, ini agar dapat terkoordinir dan lalu lintas di kawasan tersebut berjalan tertib.

"Selain itu, 15 menit sebelum selesai pertandingan kita akan fokuskan menertibkan seluruh kendaraan yang ada dari pintu tengah, bus dari pintu utara. Dan kita juga sudah berkordinasi dengan rumah-rumah warga di sana untuk digunakan parkir, dan kita kordinasikan agar tidak parkir d jalan, sehingga tidak mengganggu ketertiban jalan, baik yang masuk maupun yang ingin sekedar melintas saja," tuturnya.

Hasby melanjutkan, pihak kepolisian akan melakukan pengamanan mulai pukul 10 WIB pagi. Pengamanan itu dilakukan per kilo meter menuju ke stadion dengan penjagaan beberapa mobil patroli maupun petugas.

"Di setiap pintu masuk akan dilakukan razia sampai di dalam juga, yaitu razia flare, minuman keras, sajam, dan alat lain yang membahayakan orang.  Ini dilakukan agar penonton nyaman. Dan tentu saja kita menggelar razia dengan sopan," ucapnya.

Selain itu, untuk jumlah personel keamanan, sebanyak 2600 personel gabungan akan diturunkan pada laga nanti. Mereka akan disebar dibeberapa titik, baik di dalam stadion maupun di luar stadion.

"Kita akan berikan pengamanan di 14 titik dengan penjagaan ketat, dan di setiap posnya ada perwira. Jadi semua terkoordinir, termasuk tempat parkir juga akan diamankan," ungkapnya.

Lanjutnya, di setiap pos penjagaan, petugas akan bekerja secara mobile. Setiap regu terdiri dari 5 orang petugas. "Jadi dari pos satu ke pos dua akan jalan kaki sebanyak lima orang. Mereka mobiling per lima menit agar mencegah keributan di sana-sini," katanya.

Selain hal itu, Polres Bandung sebelumnya telah melakukan upaya pencegahan kerusuhan dan gangguan-gangguan lain saat pertandingan maupun sebelum dan sesudah. Upaya itu seperti adanya berbagai reward bagi bobotoh yang mampu menjaga ketertiban dan kenyamanan.

"Sebenarnya tiga hari lalu kita informasikan akan ada lomba slogan untuk Persib. Selama tiga hari ini sudah ada 400 kata yang masuk, dan 150 an kata akan kita buat spanduk beserta nama pengirimnya. Jadi intinya ini dari Persib untuk Persib agar mencegah rasisme dan anarkis," terangnya.

"Pada intinya petugas bersama TNI dan lainnya berkomitmen menjaga stabilitas agar tamu nyaman, suporter nyaman, jangan sampai terulang kejadian kemarin. Sebab pengamanan kali ini cukup lumayan besar, dan kita tidak pernah underestimate, siapapun lawannya harus dijaga semaksimal mungkin, bahkan kita melebihi dari yang sudah-sudah," imbuhnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR