Antara Tradisi dan Gengsi

- 1 November 2020, 22:44 WIB
Sukanda
Sukanda

Oleh Sukanda

(Guru SDN 3 Cangkuang, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon)

DALAM kehidupan di masyarakat ,sebelum kita terlahir kedunia pun telah berlangsung suatu tatanan kehidupan yang telah tumbuh dan berkembang dari hasil daya cipta lingkungan masyarakatnya. Oleh karenanya setiap tempat pasti tradisinya berbeda berdasarkan kondisi dominan saat itu serta mengikuti alur dinamika kehidupan yang serba kompetitif. 

Tradisi masyarakat pantai dalam banyak hal akan berbeda dengan masyarakat agraris meski terdapat juga persamaanya yang bersifat hakiki. Salah satu tradisi yang menarik di Kabupaten Cirebon adalah ketika masyarakat pantai dan masyarakat agraris menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT. Masyarakat pantai (nelayan ) ketika  memulai musim melaut maka mengadakan pesta nadran yang luar biasa meriahnya.Masyarakat nelayan begitu optimis menyambut rejeki didepan mata.Sehingga rela mengeluarkan kocek demi menyukseskan acara nadran tersebut .Padahal perilaku konsumtif ini tidak sesuai dengan budaya bangsa kita.Sementara masyarakat agraris mengadakan acara syukurannya setelah musim panen selesai dan dilakukan cukup sederhana.Begitu pula dengan masyarakat disekitar pabrik gula mereka mengadakan acara babacakan sebagai petanda musim tebang tebu akan segera dimulai.Tradisi tradisi diatas merupakan kekayaan bangsa yang sangat berharga yang harus dijaga keberadaannya dan perlu mendapatkan pembinaan dari stecholder.agar tidak menyimpang dari tujuan semula dan tidak merusak wilayah akidah sebagai masyarakat beragama.Wawasan tentang seputar tradisi harus dikenalkan kepada masyarakat terutama generasi mudanya.

Menurut Mypurohith.com bahwa tradisi tersebut merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan sejak lama dan secara terus menerus yang telah menjadi bagian kehidupan masyarakat sampai saat ini.Tradisi biasanya dilakukan oleh negara,agama,waktu kebudayan dll.Bisa juga diartikan sebagai warisan soasial yang mampu bertahan sampai masa kini.

Halaman:

Editor: Dodi Kabar Cirebon


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x