180527174538-lingkar-literasi-cicalengka-tolak-hoaks-dan-miras-oplosan.jpg

Engkos Kosasih

Lingkar Literasi Cicalengka Tolak Hoaks dan Miras Oplosan

Kabar Literasi

Minggu, 27 Mei 2018 | 17:45 WIB

Wartawan: Engkos Kosasih

PARA penggiat taman bacaan masyarakat yang tergabung dalam Lingkar Literasi Cicalengka mendeklarasikan diri menolak kabar berita bohong atau hoaks dan peredaran miras oplosan di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Sabtu (26/5/2018).

Deklarasi itu dilaksanakan di Aula Desa Cicalengka Wetan, Kecamatan Cicalengka. Pada kesempatan sarasehan lingkar literasi Cicalengka sambil ajang ngabuburit itu dihadiri Camat Cicalengka H. Entang Kurnia, S.E., M.Si., dan narasumber Kapolsek Cicalengka AKP M. Yusuf, Dosen Universitas Pendidikan Indonesia Fauzi Abdillah, M.Pd., Pegiat Pendidikan Agus Akmaludin, S.Hum.

Di hadapan 100 orang peserta yang umumnya para penggiat taman bacaan masyarakat dari semua desa di Kecamatan Cicalengka itu, narasumber yang hadir tersebut membahas tentang "Pemuda dan Literasi di Era Digital, Membangun Harmonisasi Sosial Tanpa Hoax". Para peserta yang hadir itu, selain dari kalangan siswa SLTA, juga dari kalangan Perguruan tinggi dan masyarakat umum. Mereka pun sangat antusias mengikuti sarasehan tersebut.

Camat Cicalengka H. Entang Kurnia mengatakan, pelaksanaan sarasehan itu di antaranya untuk menangkal hoaks. "Intinya, ketika menerima berita atau informasi harus disaring dulu. Jangan percaya begitu saja. Harus dikaji dulu, kebenaran atau tidaknya berita yang diterima. Jangan sampai berita itu menyudutkan atau fitnah serta merugikan orang lain. Jika merugikan dan menyudutkan orang lain bisa melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)," papar Entang kepada "GM" di Cicalengka, Minggu (27/5/2018).

Entang mengatakan, pelaksanaan sarasehan lingkar literasi tersebut sengaja dilaksanakan pada bulan suci Ramadan. Sehingga bisa memanfaatkan waktu sambil silaturahmi dan ngabuburit menunggu buka puasa.

"Kita berharap melalui sarasehan ini, jangan sampai masyarakat terjebak hoaks dan miras," tandas Entang.

Camat juga berharap kepada masyarakat untuk turut bekerjasama dan membantu menginformasikan kepada aparat jika melihat, mengetahui ada yang mengedarkan miras oplosan di Cicalengka. "Masyarakat harus berani menginformasikan. Miras merusak kesehatan, selain dapat memicu tindak pidsna kriminal," ungkapnya.

Ia pun berharap, kegiatan positip di Cicalengka bisa terus ditingkatkan. Bahkan, para penggiat literasi Cicalengka selalu memberikan masukan berkaitan dengan memberdayakan masyarakat.

"Melalui kegiatan literasi ini untuk mendorong masyarakat gemar membaca buku dan menolak berita hoaks," katanya.

Ia mengatakan, gemar membaca dapat meningkatkan wawasan, dan ilmu pengetahuan serta pemcerahan bagi masyarakat. "Jangan sampai masyarakat terjebak hoaks yang dapat memecah belah persatuan," katanya.

Pihak Muspika Cicalengka juga selalu mendukung kegiatan positif yang dilaksanakan masyarakat. Apalagi kegiatan tersebut bagian dari pemberdayaan masyarakat dan sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Bandung.

Lebih lanjut Entang mengatakan, dengan adanya taman bacaan masyarakat di masing-masing desa di Kecamatan Cicalengka itu menunjukkan minat baca maayarakat mulai tinggi. "Yang jelas dengan banyak membaca buku banyak manfaatnya," pungkasnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR