180502145716-1-400-sd-di-kabupaten-bandung-siap-laksanakan-usbn.jpg

dok

ilustrasi

1.400 SD di Kabupaten Bandung Siap Laksanakan USBN

Kabar Literasi

Rabu, 2 Mei 2018 | 14:57 WIB

Wartawan: Ziyan

SEBANYAK 1.400 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bandung siap melaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Kamis (3/5/2018). Jumlah siswa kelas VI yang mengikuti USBN sekitar 59.140 orang.

Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, H. Maman Sudrajat mengatakan, persiapan dari mulai sarana yang dibutuhkan, kepanitian setiap sekolah dan pelatihan kepada siswa kelas VI sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari untuk menghadapi USBN tahun ini.

"Sesuai Permendiknas tentang USBN SD tahun ajaran 2017/2018, diterapkan dengan mengujikan sebanyak delapan mata pelajaran. Yakni Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKN, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, serta Agama," ujar Maman saat ditemui galamedianews.com di Kantor Disdik Kabupaten Bandung, Soreang, Rabu (2/5/2018).

Menurut Maman, USBN tahun ini berbeda dengan pelaksanaan pada tahun sebelumnya. Dimana para siswa peserta USBN tahun lalu hanya mengerjakan tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

"Insya Allah dengan bekal yang sudah diberikan oleh setiap sekolah, optimis semua siswa bisa mengikuti USBN dan pelaksanaan berjalan lancar," katanya.

Dirinya mengimbau, kepada semua siswa untuk meningkatkan pembalajaran menjelang dan selama pelaksanaan USBN ini. Begitu juga para orang tua agar terus membina dan mengawasi anaknya selama pelaksanaan USBN.

"Karena kerja sama antara orang tua, tenaga pendidik dan kependidikan bisa meningkatkan mutu pendidikan bagi peserta didik dan mendorong kualitas pendidikan di Kabupaten Bandung khususnya. Oleh karena itu, kami berharap dorongan masyarakat untuk bersama-sama melakukan pembinaan dan pengawasan kepada peserta didik," harapnya

Maman menambahkan, meski nilai USBN bukan penentu bagi kelulusan, dorongan kepada peserta didik agar serius menghadapi USBN ini harus tetap dilakukan oleh semua pihak yang terlibat.

"Agar terlihat kualitas pendidikan, semua anak harus fokus melaksanakan USBN agar mendapatkan nilai maksimal dan meningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Bandung," ujarnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR