Ketua DPRD Jabar Optimistis Angka Partisipasi Pemilu 2019 Meningkat

Kabar DPRD Jabar

Kamis, 18 April 2019 | 12:39 WIB

190418124036-ketua.jpg

ist

KETUA DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari berharap angka partisipasi masyarakat Jawa Barat pada pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 mencapai 80 persen.

Demikian disampaikan Ineu usai menggunakan hak pilihnya di TPS 22 Kelurahan Antapani Tengah, Kota Bandung, Rabu (17/4/2019). Ineu menilai, pelaksanaan pemilu 2019 khususnya di wilayah Antapani Tengah, Kota Bandung berjalan dengan baik dan tertib.

Ia melihat, antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi menyalurkan hak suaranya demi kepentingan bangsa dan negara cukup tinggi. “Antusiasme masyarakat di lapangan terasa lebih kuat di bandingkan dengan beberapa pemilu sebelumnya,” katanya.

Menurut Ineu, jika angka partisipasi masyarajat Jawa Barat pada Pemilu 2019 mencapai 80 persen, maka sesuai dengan komitmen semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilu. "Di setiap TPS sangat terlihat antusiasme masyarakat menggunakan hak pilihnya," ujarnya.

Ineu menyatakan, optimisme angka partisipasi pemilih mencapai 80 persen karena bercermin pada Pilpres 2014 dan Pilgub 2019. Pada Pilpres 2014 tingkat partisipasi pemilih Jawa Barat 70 persen, sedang pada Pilgub 2018 mencapai 73,74 persen.

“Pada pemilu sebelumnya, tingkat partisipasi pemilih Jabar rata-rata diatas 70 persen, bahkan cenderung meningkat,” ujarnya.

Ia memprediksi tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 akan lebih tinggi dari sebelumnya. Bahkan bukan hal yang mustahil, tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mencapai 80 persen, seperti harapan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

“Kami berharap Jawa Barat menjadi provinsi dengan tingkat pertisipasi pemilih terbaik di Indonesia,” tandas Ineu.

Terkait pemenang dalam Pilprer, Ineu mengatakan, siapa pun yang terpilih, akan menjadi pilihan terbaik seluruh rakyat Indonesia. "Yang terpenting setelah Pemilu, semua rakyat Indonesia kembali bersatu untuk membangun bangsa," katanya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR