Yana Optimis Kota Bandung Raih WTP

Kabar Balai Kota Bandung

Kamis, 16 Mei 2019 | 14:54 WIB

190516145504-yana-.jpg

Rio Ryzki Batee

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana optimis dapat meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, terlebih
atas kemajuan yang sudah diupayakan jajarannya.

"Saya mengapresiasi seluruh jajaran yang telah bekerja keras demi meraih WTP. Baik kepada kepala dinas, kepala badan, kepala BUMD karena punya komitmen yang sama," ungkapnya pada Exit Meeting Pemeriksaan BPK di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Kota Bandung, Kamis (16/5/2019).

Menurutnya, kemajuan tersebut juga, dengan adanya pendampingan yang selama ini oleh BPK Kanwil Jawa Barat. Sehingga Pemkot Bandung akan berupaya untuk segera menyempurnakan laporan keuangan yang terus membaik.

"Kita harus berupaya dengan maksimal. Apa yang disampaikan itu kita catat semua, mudah-mudahan kita bisa penuhi dan perbaiki sesuai norma yang ditetapkan oleh BPK RI," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPK Kantor Wilayah Jawa Barat, Arman Syifa mengatakan bahwa tidak sedikit pemerintah daerah yang terlena akan keberhasilan penyelenggaraan laporan keuangan. Hal tersebut, tidak jarang membuat laporan yang tadinya baik menjadi menurun kualitasnya di tahun berikutnya.

"Banyak pemda yang juga lalai, dulunya sudah wajar pun bisa jadi ada pengecualian kalau tidak dijaga proses pengelolaannya," ujarnya.

Oleh karena itu, Ia berpesan kepada Pemkot Bandung untuk terus menjaga konsistensi kualitas penyelenggaraan laporan. Pihaknya mengimbau untuk segera menuntaskan ‘pekerjaan rumah’ yang masih perlu penyempurnaan sehingga laporan keuangan Pemkot Bandung bisa lebih baik.

"Kami juga berpesan untuk menjaga proses kredibilitas dari pelaksanaan anggaran, terkait belanja modal, belanja barang, karena itu sangat terkait dengan validitas keabsahan dari pengeluaran itu sendiri," tuturnya.

Lebih jauh, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah selesai mengaudit laporan keuangan Tahun Anggaran 2018 di Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Dari audit selama 2 bulan tersebut, BPK mengapresiasi kemajuan laporan keuangan Pemkot Bandung.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan lapangan banyak progress. Ini jangan berhenti, karena yang namanya pengelolaan keuangan dilakukan setiap tahun. Baik yang sifatnya proyeksi anggaran yang setiap tahun dilakukan maupun pengelolaan atas kekayaan daerah, itu harus dilakukan secara berkesinambungan," tambahnya.

BPK RI saat ini belum menerbitkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP). BPK masih menunggu perbaikan dan penyempurnaan laporan sampai 21 Mei 2019. Rencananya, LHP secara resmi akan disampaikan pada 27 Mei 2019 mendatang.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR