Buntut Kisruh Sony vs Disney, #Spiderman Terancam Tamat Pencinta Superhero Meradang

Hiburan

Rabu, 21 Agustus 2019 | 14:07 WIB

190821140735-buntu.jpg

net

Hari ini timeline media sosial diramaikan tagar #SaveSpiderman dan meme berisi kekecewaan dan kemarahan para penggemar karakter superhero yang terakhir diperankan Tom Holand itu. Tagar ramai menyusul keputusan Marvel Cinematic Universe yang tak akan lagi menyertakan Spidey dalam produksi selanjutnya.  Sederhanya: lupakan Spiderman atau setidaknya untuk waktu yang tidak ditentukan.

Dikutip dari DailyMail, Rabu (21/8/2019) keputusan mengecewakan ini dipicu kisruh finansial antara  Disney dan Sony Pictures. Kedua belah pihak gagal mencapai kesepakatan terkait pembagian profit setelah Far from Home memecahkan rekor box office film yang didistribusikan Sony. Disney yang memiliki Marvel menginginkan pembagian  profit 50/50 untuk kerja sama berikutnya dengan Sony sebagai pemilik franchise Spider-Mane.

No more?

Syarat dari Disney ini rupanya tak sejalan dengan Sony hingga akhirnya negosiasi yang berlangsung sejak berbulan-bulan lalu pun bubar.
Di bawah kesepakatan lama Marvel berhak atas sekitar lima persen dari nilai bruto keuntungan pertama. Disney menuntut nilai profit lebih besar dalam kesepakatan keuangan yang pada dasarnya membuat Spider-Man disewakan ke dunia sinematik mega-populer oleh Sony.

Langkah ini juga berarti presiden Marvel Studios, Kevin Feige, sosok produser bertangan dingin di balik suskes 23 film superhero  dengan profit kolektif $ 26,8 miliar atau Rp 38 triliun,  tidak akan lagi dilibatkan  dalam franchise Spiderman. Demikian laporan Deadline kemarin. Padahal produksi terakhir Spider-Man: Far From Home yang dibintangi Tom Holland tercatat sebagai film Sony Pictures dengan keuntungan tertinggi.

Tom Holand (kiri) ikut dalam satu lagi produksi sukses Kevin Feige.

Namun sepertinya kerja sama dengan Disney tak akan berlanjut. Kedua pihak memulai kerja sama pada 2017 dalam Spider-Man: Homecoming dan Far From Home, yang sekaligus menjadi media promosi mega-aksi berikutnya dari Marvel Cinematic Universe setelah sukses Avengers: Endgame.

Kini tanpa kesepakatan serta Kevin Feige yang tidak akan lagi dilibatkan Disney dalam rencananya dua film Spider-Man berikutnya, Sony diperkirakan mengambil langkah drastis dengan menghentikan produksi Spiderman dalam film Marvel berikutnya. Sony yang memiliki hak atas karakter Spiderman sejak 1999 tidak akan memberikan izin franchise. Sebelum Tom Holand, spiderman diperankan Tobey Maguire dan Andrew Garfield.

Jake Gylenhall sebagai Mysterio dalam Spiderman terakhir.

Di luar itu, dua hari sebelumnya Sony mengumumkan Spiderman: Far From Home  melampaui profit film James Bond Skyfall dengan keuntungan box office di seluruh dunia mencapai $ 1,109 miliar di seluruh dunia. Sementara Avengers: Endgame yang diproduksi Feige menjadi film terlaris sepanjang masa, menyalip film besutan James Cameron, Avatar dengan menghasilkan $ 2,75 miliar.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA