181206211349-karen.jpg

ist

Karena Mimpi Seseorang Papat Menjadi Besar dan Luar Biasa

Hiburan

Kamis, 6 Desember 2018 | 21:09 WIB

Wartawan: Eddie Karsito

Suasana menyenangkan dan rileks sesungguhnya faktor penting dalam hidup. Keadaan ini salah satunya yang menjadikan seseorang dapat meraih pencapaian luar biasa. Sehingga keberhasilan seseorang bukan semata-mata berasal dari kecerdasan intelektual, tetapi justru kecerdasan emosional. 

“Jadi raihlah mimpimu dengan jangan banyak sekolah tapi banyak main,” ujar aktor stand up comedy, Panji Pragiwaksono, saat bincang-bincang santai dengan para wartawan sebelum tampil sebagai nara sumber di acara talkshow ‘Jangan Takut Meraih Mimpi’, di Auditorium Vokasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Senin (03/12/2018).

Sekolah banyak main, kata Panji, adalah kegiatan belajaran yang dilakukan dalam keadaan gembira, nyaman dan rileks. “Karena saya percaya bermain adalah belajar yang dilakukan secara sukarela. Sekolah itu tidak hanya membaca buku, tapi membaca lingkungan, bermian dan melakukan hal-hal lain. Supaya tidak terjebak dalam kehidupan jombi, yang cuma tidur, bangun, mandi makan, terus saja balik gitu lagi rutin,” ujar Panji setengah berkelakar.

Panji mengaku, termasuk orang yang tidak pernah berhenti belajar. Belajar terhadap apa yang disukai, sehingga yang dirasakan seperti main-main.

“Kita harus terus belajar. Saya sendiri tidak pernah berhenti belajar. Bahkan dengan para sesama pekerja seni, stunt up comedy. Belajarnya pun seperti main-main,” tambahnya.

Jika ingin sukses, kata Panji, seseorang harus tahu mengerti apa yang dia suka dan apa yang kita bisa. “Sebab tak semua yang kita suka, kita bisa, dan sebaliknya. Dalam melucu itu kita harus menguasai banyak disiplin ilmu. Kita harus menjadi pribadi yang full filled,”  papar Panji.

Dialog interaktif ini diselenggarakan Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia (UI), yang didukung PT. Kino dan Abuba Steak. Menghadirkan tiga narasumber, Pandji Pragiwaksono, Rosianna Silalahi, dan Dr. Olivia Ong. Kegiatan yang dibuka Ketua Program Studi Vokom UI, Devie Rahmawati ini, dihadiri lebih dari 350 peserta dari berbagai universitas di Jakarta.

Mimpi adalah kunci. Karena mimpi seseorang dapat menjadi besar dan sukses.  Namun bermimpi perlu tindakan nyata (perjuangan). “Sebenarnya anak muda mempunyai mimpi yang hebat. Tetapi mereka seringkali tidak tahu bagaimana cara mewujudkan impian tersebut. Inilah yang akan saya tunjukkan pada mereka. Apapun mimpi mimpi atau cita cita mereka itu bisa terwujud, asalkan mereka tidak takut untuk menempuh berjalanan berliku untuk menggapainya,” ujar Rosianna Silalahi.

Sementara pendiri Jakarta Aesthetic Clonic, Dr. Olivia Ong, motivasinya lebih menitik beratkan pada pengalamannya meniti karir dari nol hingga mencapai kesuksesan.

Mimpi yang biasa-biasa aja, kata Olivia, justru jarang berhasil. Hal ini menurutnya, kurang ada motivasi. “Jangan takut mimpi lebih tinggi. Jatuhnya mungkin sakit. Tapi memang enggak ada mimpi yang di dapat dengan mudah. Semua mimpi butuh tantangan untuk mewujudkannya,” ujar ahli kecantikan kulit, yang mengaku ketika kuliah cuma bisa makan tempe dan rajangan daun bayam saja.

Orang yang berani mimpi, lanjut Olivia, dialah orang yang siap menerima proses. “Usaha keras dan bekerja giat dengan diiringi doa. Punya mimpi sama dengan punya jiwa yang selalu terbuka dan berjiwa besar. Dengan mimpinya, percaya diri, maka keberhasilan hanya menunggu waktu,” ungkapnya.

Ketua Program Studi Vokasi Komunikasi, Devie Rahmawati, menyampaikan, Program Studi Vokasi Komunikasi UI berupaya menghadirkan para profesional di bidang komunikasi untuk memberikan inspirasi kepada mahasiswa.

“Para mahasiswa Vokom adalah mahasiswa yang secara sadar memilih jurusan yang mereka ambil. Tanpa ada pengaruh yang dominan dari keluarganya. Tapi mereka perlu dibantu secara taktis agar semakin siap berkompetisi di era teknologi yang cepat berubah," ujarnya.

Kehadiran para tokoh-tokoh ini juga para profesional diharapkan mampu menggunggah semangat mahasiswa untuk menjadi pribadi yang disiplin dan semangat dalam meraih cita-cita. "Menjadi pribadi yang berani bermimpi," tutup Devie.

Editor: boedi azwar

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR