Polres Garut Luncurkan Smart SIM

Halo Polisi

Kamis, 17 Oktober 2019 | 14:35 WIB

191017135909-polre.jpg

Agus Somantri

KEPOLISIAN Resor (Polres) Garut sudah mulai memberlakukan penggunaan smart SIM. Para pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) pun sudah bisa mendapatkan smart SIM yang baru.  
Kanitregiden Satlantas Polres Garut, melalui Bintara Urusan (Baur) SIM Satlantas Polres Garut, Aiptu Tata Setiawan, mengatakan, pemberlakuan smart SIM di Polres Garut sudah dilakukan sejak Sabtu (13/10/2019) lalu.  

"Sudah banyak masyarakat yang menanyakan sejak beberapa bulan lalu. Tapi kami baru sepekan mendapat material (smart SIM) dari Polda. Sehingga baru bisa dilaksanakan pada pertengahan bulan ini," ujarnya di Kantor Pelayanan SIM Polres Garut, Jalan Sudirman,Kabupaten Garut, Kamis (17/10/2019).

Menurut Tata, keunggulan smart SIM ini bisa digunakan sebagai kartu pembayaran elektronik, mulai dari membayar tol, berbelanja di sejumlah gerai, dan lainnya. Saldo di smart SIM maksimal Rp 2 juta sama seperti kartu elektronik lainnya.

"Tapi untuk sekarang ini smart SIM belum bisa dipakai jadi uang elektronik. Polri dan Bank Indonesia (BI) belum menentukan bank mana yang bekerja samanya," ucapnya.

Tata menyebutkan, selain bisa digunakan sebagai kartu pembayaran elektronik, material smart SIM juga lebih kuat dan tampilannya lebih simpel. SIM sudah dilaminasi, sehingga bisa lebih awet digunakan.  

"Terus ada dua foto di dalam SIM. Terkoneksi juga dengan data eKTP. Nanti semua data lalu lintas tersimpan di smart SIM," katanya.

Rudi Supriadi (56), salah seorang pemohon SIM asal Kecamatan Tarogong Kidul, mengaku sangat antusias dengan penerapan smart SIM di Polres Garut ini. Menurutnya, ini merupakan sebuah inovasi yang bagus dari kepolisian guna memudahkan masyarakat.

"Apalagi smart SIM ini bisa juga digunakan sebagai kartu pembayaran elektronik," ucapnya.

Menurut Rudy, apabila nanti smart SIM sudah bisa dipakai sebagai kartu elektronik, maka akan lebih memudahkan masyarakat, seperti membayar tol dan lainnya.  

"Jadi tidak perlu lagi membawa banyak kartu elektronik. Cukup pakai SIM saja sudah bisa bayar tol. Mudah-mudahan bisa segera aktif sebagai kartu elektronik," katanya.

Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA