9 Pelaku C3 Diringkus Polisi

Halo Polisi

Sabtu, 9 Februari 2019 | 12:53 WIB

190209125423-9-pel.jpg

Ade Hadeli

TIM Gabungan Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Sumedang berhasil meringkus 9 orang pelaku C3, Curas (pencurian dengan kekerasan), curat (pencurian dengan pemberatan) dan curanmor (pencurian kendaraan bermotor) di sejumlah tempat di wilayah Kab. Sumedang.

Ke-9 pelaku itu, yakni M (19) tersangkut kasus curanmor di wilayah hukum Polsek Jatinangor, B (32), JM (27) dan D (26), ketiganya pelaku curat di Sumedang Selatan, Tanjungsari dan Pamulihan. Selanjutnya S (20), E (21), AR (22) dan A (25), terlibat dalam kasus curat di wilayah hukum Polsek Pamulihan, Cimanggung dan Jatinangor.

Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo, saat menggelar pres release, Sabtu (9/2/2019) mengatakan, modus operandi pelaku curanmor, dengan cara merusak kabel unit yang sudah jadi target operasi. Untuk kasus curat, tersangka melakukan pencurian pada malam hari dengan cara memanjat pagar atau benteng. Sementara itu, untuk kasus curas dengan cara melakukan penjambretan, sambil menodongkan pisau, memukul dan memaksa korban agar menyerahkan barang berharganya.

Dari para tersangka,  diamankan sejumlah barang bukti, seperti 3 unit sepeda motor, 4 buah handphone, 1 unit laptop, 1 bilah pisau, 2 buah dompet dan peralatan komponen pembuat kain.

"Dalam menjalankan aksinya itu, pelaku tak segan melukai korban. Salah satu dari pelaku yaitu A, merupakan residivis dalam kasus curanmor," terang Hartoyo.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP (curanmor) dengan maksimal lama pidana 7 tahun penjara, Pasal 363 ayat 1 ke (3) (4) dan (5) KUHP (curat) dengan maksimal pidana 9 tahun penjara dan Pasal 365 KUHP (curas) dengan maksimal pidana 12 tahun penjara. "Kini tersangka berikut barang bukti sudah diamankan di Polres Sumedang," tandasnya.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR