Polda Jabar Akan Sosialisasi ke Desa-desa Penerima Bansos

Halo Polisi

Jumat, 8 Februari 2019 | 09:37 WIB

190208093829-polda.jpg

Remy Suryadie

DIREKTORAT Binmas Polda Jabar, yang menjadi salah satu dari Satgasda Bansos (Satuan Tugas Daerah) pengamanan dan penegakan hukum bantuan sosial, berencana akan melakukan sosialisasi ke desa-desa penerima bantuan.

Hal tersebut diungkapkan Dir Binmas Polda Jabar Kombes Pol Badya Wijaya, kepada wartawan usai melakukan kegiatan solat Subuh Keliling (Suling) di Masjid Assalam, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jumat (8/2/2019).

"Sampai saat ini, satgas bansos, sudah melaksanakan rapat kordinasi dengan dinas sosial, kemudian nanti dilaksanakan secara menyeluruh kita melaksanakan ke desa-desa, kita sedang siapkan piranti lunaknya. Dan ini dilaksanakan setiap hari dan di laporkan langsung ke mabes Polri," ujar Badya.

Masih dikatakannya, dengan melakukan sosilisasi ini, diharapkan tidak ada penyimpangan dalam penggunaan dana bantuan. Serta bantuan yang diterima, dapat di serap dan dirasakan oleh masyarakat, penerima bantuan.

"Intinya bansos harus menyentuh ke masyarakat agara tidak ada penyimpangan-penyimpangan," ujarnya.

Seperti diketahui, Satgasda ini telah dibentuk oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jabar, untuk pengamanan dan penegakan hukum bantuan sosial.

Pembentukan ini, merupakan tindak lanjut dari MOU Kementrian Sosial dan Polri. Dasar dari Satgasda ini, agar bantuan sosial yang diterima penyalurannya tepat sasaran

Dengan adanya Satgas ini, pengawalan terhadap dana Bansos Kementrian Sosial senilai 54 dari pusat, dapat tidak terjadi penyimpangan.

Jika terjadi penyimpangan, kepolisian akan berkordinasi dengan Kementrian Sosial untuk penanganannya dan penegakan hukumnya. Satgasda ini di pimpin oleh Wakapolda dan tingkat Polres, di pimpin oleh Wakapolres. Untuk pengawalannya akan dilakukan oleh Sabhara, sementara untuk pendistribusiannya akan di kawal dari jajaran Binmas.

Peran Polri sendiri, dalam bansos Kementrian Sosial ini, untuk pengawalan dan pengawasan pendistribusian bansos.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR