Kapolres Sumedang: Giatkan Kembali Siskamling

Halo Polisi

Minggu, 16 Desember 2018 | 17:49 WIB

181216175037-kapol.jpg

Ade Hadeli

KAPOLRES Sumedang, AKBP Hartoyo, mengajak warga untuk menjaga keamanan dan kertiban di lingkungannya dengan menggiatkan kembali siskamling (sistim keamanan lingkungan).

Menurut Hartoyo,  kegiatan siskamling dinilai masih sangat relevan dengan situasi saat ini. Karena kegiatan sosial masyarakat seperti itu, tidak hanya  mampu mengantisipasi terjadinya tindakan kriminalitas, akan tetapi dapat menditeksi dini, gejala bencana alam yang terjadi disekitarnya.

"Apalagi sebagian besar wilayah Sumedang, masuk dalam zona rawan bencana longsor dan banjir. Jadi kegiatan siskamling itu, masih sangat relevan untuk terus dipertahankan," tandas Hartoyo, Minggu (16/12/2018).

Siskamling, sebut Hartoyo,  merupakan warisan budaya dari leluhur dalam menjaga keamanan dan kertiban di lingkungannya. Kegiatan siskamling juga, dapat bermanfaatkan untuk menjalin silaturahmi antara warga.

"Misalnya, karena dengan alasan kesibukannya masing-masing, mereka jarang bertemu di siang hari. Untuk itu, dengan melaksanakan kegiatan siskamling, mereka bisa bertemu sehingga silaturahmi tetap terjaga," katanya.

Bahkan guna meningkatkan motivasi warga dalam kamtibmas, Polres Sumedang berserta Polsek jajaran, gencar  melakukan kegiatan patroli dialogis dan berantai.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan akan terbangun situasi yang saling menguatkan, antara aparat dan warga dalam menjaga kamtibmas. “Kegiatan dialogis itu, selain untuk menyampaikan program, juga untuk menyerap berbagai aspirasi warga, yang berkaitan dengan pelayanan kepolisian," pungkas Hartoyo.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR