181009171754-kades.jpeg

ist

Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni saat memberikan pengarahan dan penekanan terhadap ratusan anggota Bhabinkamtibmas.

Kades Tak Kooperatif Terkait Dana Desa, Laporkan

Halo Polisi

Selasa, 9 Oktober 2018 | 17:17 WIB

Wartawan: Dally Kardilan

BHAYANGKARA Pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang ditugaskan di setiap desa harus melek dan menjadi pengawas pelaksanaan pembangunan yang bersumber dari dana desa. Bahkan bila ada kepala desa, BPD atau LPM tidak kooperatif agar segera dilaporkan untuk ditindaklanjuti.

“Pokoknya kita berkomitmen kebijakan program program pemerintah harus berjalan baik, sehingga pelaksanaannya harus disikapi dengan baik berupa monitoring pendampingan dan pengawasan,“ kata Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni, Selasa (9/10/2018).

Pihaknya tidak akan mentolerir terhadap pelanggaran dan sudah ditekankan kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas yang ada di 253 desa kelurahan untuk melaporkan ke Kapolseknya bila ada yang tidak kooperatif terkait dana tersebut. Nantinya Kapolsek membuat melaporkan dan surat ke Kapolres untuk selanjutnya Unit Tipikor Satreskrim Polres Subang melakukan lidik dan sidik terhadap Kades tersebut.  

"Apalagi, akhir tahun 2018 ada Pilkades Serentak 2018 yang diikuti 165 desa. Beberapa diantaranya ada incumbent kades yang ikut pemilihan sehingga perlu ada pengawasan jangan sampai terjadi penyalahgunaan dana bantuan pemerintah untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya," katanya.

Langkah ini selain ada intruksi dari Pimpinan, juga MoU antara Polres Subang dengan Pemkab Subang dalam melakukan pengawasan terhadap dana desa secara Pre-emtif , Preventif dan Refresif.

“Makanya ke dalam kita kemarin (Senin,red) seluruh Bhabinkamtibmas diberi pelatihan dan akan dibuatkan buku petunjuk atau juklak tentang pengawasan sekaligus laporan,“ pungkasnya.

Di tempat terpisah, Kasat Binmas Polres Subang, AKP Supratman menuturkan, kegiatan Pelatihan Fungsi Teknis Binmas yang berlangsung di Aula Patriatama Polres Subang. Selain meningkatkan peran Bhabinkamtibmas juga masih banyak yang belum mengerti tentang pola  tugas dan tindak secara persuasif, preventif, preemtif dan refresif terhadap penggunaan dana desa.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR