180515122027-penjagaan-diperketat-antrean-pengunjung-polda-metro-jaya-mengular-hingga-jalan-raya.jpg

CNN Indonesia

Penjagaan Diperketat, Antrean Pengunjung Polda Metro Jaya Mengular Hingga Jalan Raya

Halo Polisi

Selasa, 15 Mei 2018 | 12:20 WIB

Wartawan: H. Dicky Aditya

ARUS lalu lintas di sekitar Polda Metro Jaya hari ini terlihat padat. Hal itu adalah imbas penjagaan yang diperketat karena penetapan status siaga I di seluruh Indonesia, selepas rentetan serangan bom bunuh diri di Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu (13/5/2018) pekan lalu dan Senin (14/5/2018) kemarin.

Dari pantauan terlihat antrean sepeda motor dari arah Kuningan menumpuk hingga lima baris. Lalu lintas pun terlihat padat akibat antrean tersebut.

"Disuruh masuk dari sini, biasanya saya dari belakang," kata seorang pengendara, Budi, di depan Mapolda Metro Jaya, Selasa (15/5/2018).

Saat ini arus keluar masuk mobil maupun sepeda motor ke Polda Metro Jaya disatukan melalui gerbang di Jalan Gatot Subroto. Aturan itu juga berlaku bagi pejalan kaki.

Terlihat sekitar sepuluh polisi bersenjata laras panjang menjaga pintu depan masuk parkir. Para pejalan kaki pun diperiksa secara ketat hingga isi tas mereka.

"Iya lagi penambahan pengamanan. Enggak tahu sampai kapan, tergantung pimpinan," kata seorang polwan yang mengenakan rompi antipeluru saat memeriksa pejalan kaki.

Di sejumlah tempat di Jakarta, prosedur pengamanan juga diperketat. Hal itu terlihat di Hotel Ritz-Carlton Pacific Place. Walau pengamanan tidak lebih ketat, tetapi kini petugas keamanan meminta pengunjung membuka tas dan memeriksanya.

Sedangkan pengamanan di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini semakin ketat. Namun, tidak ada penambahan anggota dari pihak keamanan. Petugas pengamanan memeriksa identitas dan barang bawaan pengunjung yang akan masuk ke gedung KPK.

Prosedur pengamanan di Kementerian Kesehatan juga ditambah ketimbang hari biasanya. Pengunjung dapat masuk ke halaman Kementerian Kesehatan setelah melewati pos penjagaan. Setiap orang yang bakal memasuki gedung harus melalui pemindai logam, pemeriksaan tas dan ditanyai maksud kedatangan.

Sedangkan pengamanan di kawasan Menara Bank Mega dan gedung Transmedia diperketat. Sejumlah petugas keamanan yang berjaga-jaga di depan pintu gerbang. Petugas meminta pengunjung membuka barang bawaan dan memeriksanya saat akan memasuki kawasan.

Pengamanan di Kompleks Gedung DPR-MPR RI lebih ketat. Hal itu terlihat di pintu masuk kendaraan bermotor. Ada dua lapis pengamanan di pintu masuk. Lapis pertama saat mengambil tiket parkir. Lapis kedua tidak jauh dari tempat mengambil tiket. Di masing-masing pos pemeriksaan terdapat empat petugas yang berjaga. Pengunjung diminta memperlihatkan kartu identitas dan diminta menyebutkan tujuan kunjungan.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR