Itjen Kemenag Dorong Perbaikan Haji Berkesinambungan

Haji

Senin, 7 Oktober 2019 | 10:43 WIB

191007104341-itjen.jpg

kemenag.go.id

INSPEKTORAT Jenderal Kementerian Agama terus mendorong perbaikan haji yang berkesinambungan. Hal ini perlu untuk terus dilakukan, meskipun sejumlah layanan haji telah memperoleh apresiasi dari banyak pihak, termasuk jemaah.

Pernyataan ini disampaikan Inspektur Wilayah I Kementerian Agama Kusoy, dalam Evaluasi Layanan Akomodasi, Transportasi, dan Konsumsi di Arab Saudi 1440H/2019M, yang dilaksanakan di Bandung. “Evaluasi dan perbaikan harus terus dilakukan. Sesuatu yang tidak pernah ada evaluasi itu, rusaknya cepat,” ungkap Kusoy, Selasa (1/10/2019) seperti dirilis laman resmi Kementerian Agama RI.

Dalam kesempatan tersebut, Kusoy menuturkan pada masa operasional haji Inspektorat Jenderal menurunkan tim untuk melakukan monitoring penyelenggaraan haji. “Alhamdulillah, saat monitoring kita mendengar apresiasi dari jemaah terhadap layanan yang diberikan,”tuturnya.

“Bahkan, layanan Bus Shalawat berdasarkan monitoring kami dianggap sebagai salah satu layanan terbaik yang ada. Selain itu, jemaah juga bilang kalau penyediaan air minum cukup melimpah. Ini baik,” imbuhnya.

Tapi Kusoy juga tidak menutup mata masih ada perbaikan yang harus dilakukan. “Misalnya, perlu dipikirkan seragam untuk pengemudi Bus Shalawat. Ini penting, sebagai identitas yang mudah dikenal jemaah,” jelasnya.

Ia pun mendorong evaluasi terus dilakukan bukan hanya pada layanan di Arab Saudi, tapi juga layanan di embarkasi. “Jadi perbaikan akan terus menerus kita lakukan. Mulai di embarkasi hingga Arab Saudi. Ini agar ke depan layanan-layanan yang kita punya makin sempurna dan membantu jemaah haji untuk mencapai kemabruran,” pesan Kusoy.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA