Jemaah Kloter Terakhir Tinggalkan Kota Makkah

Haji

Sabtu, 7 September 2019 | 05:27 WIB

190907052859-jemaa.jpg

dok

ilustrasi

Jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 15 Embarkasi Balikpapan menjadi kloter terakhir yang meninggalkan Kota Makkah untuk melanjutkan shalat berjemaah 40 waktu atau arbain di Masjid Nabawi, Madinah.

Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali di Sektor 9 Kota Makkah, Jumat (6/9/2019) waktu setempat mengatakan, bertolaknya Kloter 15 Balikpapan ke Madinah menandakan seluruh jemaah haji Indonesia telah meninggalkan Makkah.

“Sesuai dengan operasi kita kalau sampai dengan akhir pemulangan di tanggal 15 September 2019, masih ada jemaah haji yang sakit dirawat di rumah sakit Arab Saudi masih dalam tanggungan negara sampai dia sembuh itu akan diantar sampai ke Tanah Air,” katanya.

Oleh karena itu, ia memastikan anggota jemaah haji dan keluarganya tak perlu khawatir jika ada yang terpaksa masih harus dirawat karena sakit.

Nizar juga menyampaikan terima kasih dan permohonan maaf kepada jemaah jika dalam pelayanan selama musim haji tahun ini masih banyak kekurangan.

Tercatat lebih dari 500 haji dari Kloter 15 Embarkasi Balikpapan menjadi kelompok haji Indonesia terakhir yang meninggalkan Kota Makkah.

Keberangkatan jemaah haji tersebut diiringi dengan upacara pelepasan yang diselenggarakan secara khusus oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019.

Mereka diberangkatkan ke Madinah sehingga total jemaah yang telah diberangkatkan meninggalkan Makkah 529 kloter.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA