Hari Pertama Mabit, Jamarat hingga Mina Kondusif

Haji

Senin, 12 Agustus 2019 | 10:21 WIB

190812102144-hari-.jpg

kemenag.go.id

MENTERI Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan kondisi Jamarat hingga Mina kondusif.

"Alhamdulillah tadi di Jamarat kondisinya normal tidak terlalu padat. Jadi suasananya sangat kondusif," ujar Menag, Minggu (11/8/2019).

Dilansirkan laman resmi Kemenag, Lukman mengatakan, arus jemaah haji yang dari dan menuju Jamarat lancar. Begitu juga arus dari Jamarat ke lokasi tenda jamaah di Mina.

"Jadi saya melihat adanya kelancaran arus pergerakan jamaah haji, tidak hanya Indonesia tapi seluruh jemaah haji menuju dan dari Jamarat. Ketika dari Jamarat kemari, ke tenda jamaah haji Indonesia, kondisinya juga baik. Alhamdulillah sejauh ini lancar," imbuhnya.

Sekira pukul 17.00 Waktu Arab Saudi (WAS), Menag Lukman bersama delegasi Amirul Hajj, Minggu (11/8/2019) sore Waktu Arab Saudi berjalan menuju jamarat untuk melontar jumrah aqobah.

Mengenakan setelan baju koko dan kopiah hitam yang dipadu dengan sarung batik serta sepatu kets hitam, Menag tiba di Jamarat untuk lakukan wajib haji melempar jumrah aqobah.

Usai melontar jumrah aqobah, Menag pun beranjak menuju Tenda Misi Haji Mina. Gerimis kecil dan pelangi di langit, iringi perjalanan Menag menuju Mina. Sesekali Menag tampak meladeni para jemaah yg ingin selfie bersama. "Jangan pisah dari rombongan ya bapak ibu..," pesan Menag.

Memasuki terowongan Muaishim, Menag Lukman mendapati tim kesehatan tengah memberikan pertolongan pertama kepada sejumlah jamaah haji yang kelelahan sehingga harus mendapat perawatan dari petugas.

"Gak papa ya bu, hanya kelelahan ibu perlu istirahat sebentar saja," ujar Menag Lukman beri semangat kepada salah seorang jemaah.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA